Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Fungsi Oli Transmisi Pada Skutik

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan motor bebek atau motor sport, pada skuter matik (skutik) pelumasan pada bagian transmisi dilakukan terpisah. Sehingga, membutuhkan oli gear atau biasa disebut oli gardan atau oli transmisi.

Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, sepeda motor memiliki beragam komponen yang bergerak dan saling bergesekan, komponen tersebut membutuhkan oli sebagai pelumas.

"Pada sepeda motor skutik terdapat dua jenis oli yang digunakan, yaitu oli mesin dan oli gear. Peran oli gear pada motor skutik sangat penting, salah satunya sebagai pelumas transmisi," ujar Riyadi, dalam keterangan resminya.

Riyadi menambahkan, melihat peran oli yang begitu penting, sebagai pengendara sepeda motor wajib untuk mengecek kondisi oli secara berkala dan memastikan volume oli tetap dalam kondisi yang standar.

Oli transmisi atau oli gardan yang memiliki fungsi serupa dengan oli mesin. Perbedaannya jika oli mesin sebagai pelumas komponen pada mesin, sedangkan oli transmisi melumasi komponen transmisi. Sebagai pengguna skutik, penting untuk mengetahui peran dan fungsi dari oli transmisi.

"Pertama, melumasi komponen yang bergerak, seperti gear dan bearing transmisi agar tidak cepat aus. Jika aus akan menimbulkan bunyi pada sepeda motor saat digunakan," kata Riyadi.

Riyadi menambahkan, kedua, melindungi gear dan bearing dari korosi atau karat. Ketiga, sebagai peredam getaran suara pada transmisi.

"Pastikan memeriksa kondisi oli mesin dan oli gear maksimal setiap kelipatan 3.000 km atau 3 bulan. Kemudian wajib mengganti oli gear maksimal setiap kelipatan 12.000 km atau 12 bulan sekali untuk mendukung kinerja sepeda motor tetap optimal dan mencegah komponen gear cepat aus," ujar Riyadi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/30/100200615/mengenal-fungsi-oli-transmisi-pada-skutik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke