Rins Akui Ducati Lebih Maju Lima Langkah di Depan Suzuki

Kompas.com - 27/09/2021, 11:42 WIB
Alex Rins saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP) ANDREAS SOLAROAlex Rins saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini, tim Suzuki sama sekali belum meraiih kemenangan. Bahkan, Alex Rins mengakui bahwa Ducati sudah jauh lebih maju dibandingkan Suzuki.

Musim ini, Ducati sudah meraih lima kemenangan. Dua kemenangan berturut-turut diraih oleh Jack Miller pada MotoGP Spanyol dan MotoGP Prancis.

Baca juga: Jajal Mesin Baru, Alex Rins Pede Bakal Moncer Tahun Depan

Lalu, kemenangan ketiga diraih pebalap rookie dari tim satelit Pramac Ducati, yakni Jorge Martin, pada MotoGP Austria. Kemenangan keempat dan kelima juga diraih berturut-turut oleh Francesco Bagnaia pada MotoGP Aragon dan MotoGP San Marino.

Ducati Italian rider Francesco Bagnaia rides his bike during the fourth free practice session ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix at the Misano World Circuit Marco-Simoncelli on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Ducati Italian rider Francesco Bagnaia rides his bike during the fourth free practice session ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix at the Misano World Circuit Marco-Simoncelli on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Selain itu, ada satu lagi pebalap Ducati yang dengan luar biasa naik podium ketiga, yakni Enea Bastianini. Pebalap tim satelit Avintia itu menggunakan Desmosedici GP19 alias motor tahun 2019. Tapi, dia bisa finis ketiga setelah start dari urutan ke-12.

Rins sendiri memiliki peluang cukup besar untuk naik podium pada MotoGP San Marino. Sayangnya, dia terjatuh saat berada di posisi keempat, ketika dia mengejar Bastianini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Alex Rins Optimistis, Mesin Baru Suzuki GSX-RR Punya Potensi Bagus

"Tentu saja saya melihat Ducati lima langkah lebih di depan. Maksudnya, mereka cukup kuat. Crash ini mungkin terjadi karena saya mencoba untuk menjaga kecepatan sama seperti Bastianini," ujar Rins, dikutip dari Motorsport.com, Minggu (26/9/2021).

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP San Marino. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP San Marino. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Rins menambahkan, dirinya dan Joan Mir sudah mencoba yang terbaik dengan Suzuki. Bahkan, Mir saat ini ada di peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP 2021.

"Saya tidak rugi apa-apa, jadi saya mencoba sedikit tidak agresif, tapi lebih ke limit. Terkadang, saya melewati limit dan crash," kata Rins.

Alex Rins saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Alex Rins saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Rins mengatakan, Ducati lebih baik daripada Suzuki. Menurutnya, itu berlaku di semua balapan. Sebab, dulu Ducati hanyalah motor yang hanya kompetitif pada trek yang memiliki karakter stop-and-go.

"Sekarang, hampir di semua trek, mereka bekerja dengan baik. Di Aragon, Pecco melakukan balapan yang fantastis, menyalip Marc (Marquez), motornya berbelok dengan super. Begitu pula, di trek Misano adalah trek yang sangat kecil dan mereka bisa berbelok dengan baik," ujar Rins.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.