Uraian Konversi Piaggio Zip Jadi Skuter Listrik

Kompas.com - 27/09/2021, 09:02 WIB
Piaggio Zip elektrik Foto: KOMPAS.com/AdityoPiaggio Zip elektrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat motor listrik diyakini bakal jadi pemain arus utama. Untuk itu Dharmawan Somaatmadja tak ragu mengubah Piaggio Zip miliknya dari status motor konvensional menjadi skuter listrik.

Mawan panggilannya mengatakan, awal mula muncul ide mengubah Zip berjantung listrik yaitu saat bergabung dengan Komunitas Sepeda Motor Listrik Indonesia (Kosmik) sekitar 2019.

"Awalnya saya suka Zip karena dulu harganya masih murah. Kebetulan pada saat itu baru gabung di Kosmik sekitar dua setengah tahun lalu dan ingin punya Zip listrik," kata Mawan kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Hasil Balap Honda Jazz Brio Speed Challenge di ISSOM Round 3

Piaggio Zip elektrikFoto: KOMPAS.com/Adityo Piaggio Zip elektrik

Ternyata ada yang jual rangka, BPKB, dan nomor mesin Zip. Tak pakai lama punggawa Emostra Garage itu kemudian memboyong motor tersebut meski kondisinya tak lengkap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mawan mengatakan berani mengambil motor meski kondisi terurai karena tiga komponen utama yang disebutkan cukup untuk legalitas sebagai satu unit motor.

"Saya ambil dulu sambil menunggu keuangan cari body part. Kemudian waktu dapat saya cicil satu-satu sampai komplit baru kemudian diubah motor listrik," katanya.

Namun kata Mawan, ketika proyek konversinya mau berjalan Indonesia diterpa pandemi Covid-19. Sehingga mau tidak mau proyek Zip elektrik mesti tertunda.

Piaggio Zip elektrikFoto: KOMPAS.com/Adityo Piaggio Zip elektrik

"Pas waktu mau dijadiin pandemi datang jadi agak drop atau mundur. Tapi karena di Kosmik banyak teman jadi dibantuin. Pertama dipinjamkan BLDC (dinamo), kalau kontroler sudah ada," katanya.

Baca juga: Harga Yamaha RX-Z Lawas Tembus Rp 204 Juta di Negara Tetangga

Pria yang juga berprofesi sebagai arsitek tersebut mengatakan, total butuh waktu dua tahun untuk menyelesaikan proyek konversi Zip elektrik.

"Dari awal sampai jadi sekitar dua tahun. Tapi prosesnya cepat sebenarnya waktu untuk konversi tidak sampai sebulan, yang lama ngumpulin komponen Zip," katanya.

Piaggio Zip elektrikFoto: KOMPAS.com/Adityo Piaggio Zip elektrik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.