Faktor Honda Pede Targetkan 40.000 Unit All New BR-V di 2022

Kompas.com - 27/09/2021, 08:02 WIB
All New Honda BR-V KOMPAS.com/STANLY RAVELAll New Honda BR-V

JAKARTA, KOMPAS.com - Resmi meluncur perdana dari Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) langsung menargetkan penjualan All New BR-V sebanyak 40.000 unit pada 2022.

Target itu bukan angka yang sedikit, apalagi dengan kondisi ekonomi dan pasar yang masih abu-abu, alias belum menentu imbas pandemi Covid-19.

Lantas hal apa yang membuat HPM optimis menetapkan target tersebut?

Menjawab pertanyaan tersebut, Yusak Billy, Business Inovation and Sales & Marketing Director PT HPM menjelaskan, pihaknya sudah melakukan kajian sebelum menetapkan target penjualan untuk generasi baru SUV murahnya.

Baca juga: Kenapa Honda Lebih Dulu Hadirkan BR-V Dibanding Mobilio Baru?

"Pastinya kami sudah punya studi dan forces seperti apa untuk 2022. Ada beberapa faktor juga yang jadi perhitungan, dan dari Gaikindo juga memberikan sedikit gambaran soal tahun depan," ujar Billy kepada media di Jakarta beberapa hari lalu.

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Billy mengatakan, hasil studi yang dilakukan secara internal pada dasarnya juga melihat kondisi terkini dari perkembangan terkait masalah pandemi, yakni persentase vaksinasi.

Selain itu, masalah perpajakan juga ikut menjadi salah satu skema pertimbangan menentukan target generasi baru BR-V yang juga bakal di ekspor ke-30 negera mulai awal 2021.

"Dari rangkaian itu kami setting target BR-V. Tapi sekali lagi, soal target 40.000 itu kami tentu ikuti perkembangannya juga, pasar seperti apa, kapasitas bagaimana, dan konsumen juga bagaimana," ucap Billy.

Terkait masalah segmen low sport utility vehicle (LSUV) atau SUV murah, Billy menjelaskan tren memang mengarah ke sana, tapi secara dominasi di pasar Indonesia, masih tetap mobil murah ramah lingkungan alias LCGC.

Baca juga: Selain Avanza, Harga Dasar dan Varian Xenia Generasi Baru Juga Bocor

Untuk posisi kedua ditempati segmen Mobilio, yakni MPV murah. Sedangkan LSUV berada di urutan ke tiga yang diklaim punya peluang besar untuk berkembang.

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

"Simulasi juga kami lakukan terkait segmen BR-V, artinya pasarnya LSUV akan seperti ini (di tahun depan), tergetnya juga seperti ini. LCGC sekarang 17 persenan, LMPV 14-15 persen, lalu LSUV ini 13 persen," ujar Billy.

"Peluang menyusul LMPV bisa, apalagi melihat dari karakter infrastruktur di Indonesia juga," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.