Ganjil Genap Masih Berlaku di Bandung, Ini Aturannya

Kompas.com - 24/09/2021, 14:41 WIB
Petugas gabungan menerapkan ganjil genap di depan Gerbang Tol Pasteur Bandung, Jumat (17/9/2021). Sebanyak 640 kendaraan diputarbalikkan lantaran tak sesuai dengan nomor ganjil genap hari ini. KOMPAS.com/AGIE PERMADIPetugas gabungan menerapkan ganjil genap di depan Gerbang Tol Pasteur Bandung, Jumat (17/9/2021). Sebanyak 640 kendaraan diputarbalikkan lantaran tak sesuai dengan nomor ganjil genap hari ini.
|

BANDUNG, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19, beberapa upaya dilakukan oleh Pemerintah daerah. Salah satunya dengan melakukan pembatasan mobilitas masyarakat melalui penerapan ganjil genap.

Pemerintah Kota Bandung Bandung kembali memberlakukan pembatasan atas kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap nomor polisi di sejumlah titik Kota Bandung mulai Jumat (24/9/2021) sampai Minggu (26/9/2021).

Baca juga: Impresi Bertemu Langsung dengan All New Honda BR-V

Penerapan ganjil genap akan di lakukan di 5 titik pintu tol yang menjadi akses keluar masuk kota Bandung.

Selain itu penerapan ganjil genap juga dilakukan di ruas jalan menuju kawasan wisata Lembang tepatnya di sekitar Terminal Ledeng.

Setiap akhir pekan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, petugas memberlakukan sistem ganjil genap di jalur Puncak.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Setiap akhir pekan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, petugas memberlakukan sistem ganjil genap di jalur Puncak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk lokasi ganjil genap di pintu tol Bandung akan diterapkan di Gerbang Tol Buah Batu, Gerbang Tol Kopo, Gerbang Tol Mohammad Toha, Gerbang Tol Pasir Koja, dan Gerbang Tol Pasteur.

Meski sama-sama diterapkan sistem ganjil genap, ada perbedaan aturan antara penerapan ganjil genap di gerbang tol pintu masuk Kota Bandung dengan kawasan Ledeng.

Baca juga: Membandingkan Mesin dan Dimensi Honda BR-V Terbaru dengan Model Lama

Jika di Gerbang Tol aturan ganjil genap hanya untuk kendaraan plat luar D, di kawasan Ledeng sistem ganjil genap berlaku bagi semua plat kendaraan.

Selain itu, ganjil genap di kawasan Ledeng juga berlaku untuk semua kendaraan roda empat maupun roda dua.

"Yang di Ledeng, semua diperiksa ganjil genap dan tidak ada aglomerasi, semua diputarbalikan kalau tidak sesuai tanggal ganjil genapnya," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan (PDKT) Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara, Kamis (23/9/2021).

Ilustrasi penerapan ganjil genap. Foto petugas yang berjaga di titik penerapan ganjil genap Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (18/9/2021). ANTARA/Yogi RachmanANTARA/Yogi Rachman Ilustrasi penerapan ganjil genap. Foto petugas yang berjaga di titik penerapan ganjil genap Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (18/9/2021). ANTARA/Yogi Rachman

Penerapan ganjil genap di kawasan Ledeng juga dibatasi dengan penerapan waktu tertentu. Jadwal ganjil genap di Ledeng dilakukan setiap Jumat hingga Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Baca juga: Komparasi All New BR-V dengan XL 7, Mana yang Lebih Unggul?

Adapun kendaraan yang mendapat pengecualian selama penerapan ganjil genap seperti Dinas TNI/Polri, kendaraan diplomatik, pelat merah (Dinas Pemerintah), kendaraan pengangkut barang, kendaraan umum, ambulans.

"Semua ada aturannya termasuk roda dua (kena) ganjil genap, kecuali yang dikecualikan seperti mobil TNI, ambulans, pemadam kebakaran, roda dua di Ledeng itu diperiksa," tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.