Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2021, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan generasi kedua Honda All New BR-V pada, Selasa (21/9/2021).

All New BR-V merupakan hasil pengembangan dari mobil konsep N7X (New 7 Seater eXcitement) yang sempat dipamerkan Honda pada Mei lalu.

Peluncuran Honda BR-V cukup istimewa, karena untuk pertama kali di dunia dilakukan secara virtual dan langsung dari Indonesia.

All New BR-V dirancang bangun untuk menyesuaikan kebiasaan berkendara masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, risetnya pun dilakukan di Tanah Air

Baca juga: Suzuki GSX-S1000 GT Meluncur, Pesaing Baru di Kelas Sport Touring

Tim redaksi pun berkesempatan untuk melihat secara langsung mobil All New BR-V di Dreams Cafe by Honda yang berlokasi di Lantai Dasar Mall Senayan Park, Jakarta.

All New Honda BR-V memang mendapat perubahan total dari versi sebelumnya. Mobil ini memiliki dimensi yang lebih besar dibanding Honda Brio terdahulu, yakni 4490 mm x 1780 mm x 1685 mm (PxLxT) dengan ground clerance 220 mm.

Mobil berkapasitas 7 penumpang ini juga terlihat lebih gagah berkat desain kap yang lebih lebar dan memanjang.

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

Pada sektor penerangan juga sudah terdapat dengan LED headlamp yang dilengkapi dengan LED Daytime Running Light dibuat menyatu dengan grille depan.

Lanjut ke bagian samping, kaki-kaki nampak terlihat lebih kokoh dan padat dengan penyematan pelek 17 inci bermotif kipas ukuran besar dan ban yang cukup lebar.

Kesan SUV makin kental dengan hadirnya roof rail di bagian sisi atap BR-V, over fender hitam yang dibuat menyatu dengan bodi, serta lis krom yang memanjang dari pintu baris pertama hingga kedua.

Pada bagian belakang, visual pintu bagasi memiliki gaya yang hampir sama dengan BR-V, namun desainnya dibuat lebih sederhana, karena menghilangkan aksen krom yang melintang sebagai penghubung lampu rem pada bagian tengah. Desainnya kini dibuat polos sehingga menyatu dengan warna cat mobil.

Untuk lampu belakang menggunakan rear combi lamp yang dilengkapi dengan LED light bars.

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

Masuk ke sisi interior, mobil ini didominasi dengan warna hitam, termasuk pada sandaran tangan dan sisi pintu serta panel dashboard.

Terdapat layar sentuh 7 inci pada bagian tengah yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone untuk kenyamanan pengemudi.

Sayangnya, pada bagian kemudi belum bisa teleskopik, dan hanya tilt. Untuk mengubah bagian jok pun masih manual, belum otomatis.

Khusus untuk Honda BR-V Prestige with Honda Sensing yang dipamerkan saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru serta teknologi canggih, seperti Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM).

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

Fitur standar seperti Power Retractable Mirror, ECO Indicator, Digital A/C, G-CON + ACETM with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Driver Seatbelt Reminder, ABS + EBD, ISOFIX + Tether, Keyless Entry, Immobilizer, Alarm System, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, juga sudah disematkan di mobil ini.

Adapun soal tenaga, All New BR-V mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang telah diperbaharui untuk menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 N.m pada 4.300 rpm. Mesin ini sama seperti yang digunakan pada mobil Honda City Hatchback.

Baca juga: Motor yang Pakai Knalpot Brong Akan Disita Polisi

Sayangnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) belum mengumumkan harga resmi All New BR-V. Namun, mobil ini diperkirakan berada di rentang harga Rp 260 juta (untuk tipe terendah) hingga di bawah Rp 350 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com