Kawasan Crowd Free Night Diperluas, Tambah 4 Titik

Kompas.com - 24/09/2021, 13:41 WIB
Petugas kepolisian dan Satpol PP meminta pengendara memutar arah saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan)  dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APetugas kepolisian dan Satpol PP meminta pengendara memutar arah saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mencegah kerumunan masyarakat pada malam hari selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 3, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memperluas lokasi pemberlakuan crowd free night di Jakarta dan sekitarnya.

Sebelumnya crowd free night ini diberlakukan di Jalan Sudirman-MH Thamrin, SCBD, Kemang, dan Jalan Asia Afrika. Kini kebijakan ini diperluas ke Alam Sutera, Bintaro Tangerang Selatan, Tangerang Kota, dan Summarecon Bekasi.

“Mekanisme CFN di empat lokasi tersebut sama seperti penerapan CFN di ruas jalan Ibu Kota, yakni setiap Jumat hingga Minggu dan hari libur pukul 24.00-04.00 WIB,” ucap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: IBC Menargetkan Mampu Suplai Baterai Mobil Listrik Global Mulai 2025

Polisi menutup jalan masuk ke Jalan Sudirman dan Thamrin di Patung Kuda Arjuna Wijaya serta Bunderan Senayan.

Kemudian juga jalan di kawasan SCBD yang dimulai dari Senopati, Plaza Mandiri, dan pintu masuk Bursa Efek turut ditutup. Sementara penutupan di Kemang dan Asia Afrika dimulai dari perempatan Prapanca, McDonald’s, dan Galur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan)  dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan  Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

Seluruh kawasan tersebut ditutup karena kerap menjadi tempat tongkrongan anak muda dan juga sering terjadi kerumunan. Pemberlakuan crowd free night ini diharapkan dapat menekan laju penyebaran Covid-19 di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Penambahan titik ini diharapkan dapat mengurangi aktivitas masyarakat di luar ruangan, mengingat status Jakarta yang masih menerapkan PPKM Level 3,” ucap Sambodo.

Baca juga: Ingat Bahaya Mengemudi dalam Kondisi Mengantuk

Meski begitu pihaknya memberikan pengecualian bagi penghuni dikawasan yang diberlakukan CFN dan juga kendaraan darurat seperti tamu hotel, kendaraan darurat, dan warga penghuni di jalan yang diberlakukan aturan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.