Tambah Fitur Mati-Hidup Otomatis, Aki Terios IDS Gampang Tekor ?

Kompas.com - 20/09/2021, 15:31 WIB
Fitur Eco Idle pada Terios KOMPAS.com/STANLY RAVELFitur Eco Idle pada Terios

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi menambahkan fitur Eco Idle alias Idling Stop untuk Terios.

Dengan fitur tersebut, mobil yang bermain di kelas SUV murah itu diklaim memiliki tingkat efisiensi 10 persen lebih baik dari sebelumnya.

Eco Idle bekerja saat mobil digunakan dan posisi transmisi berada di tuas D. Seperti dijelaskan, fitur ini berfungsi mematikan mesin secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti dengan tujuan menghemat konsumsi bahan bakar juga mengurangi emisi gas buang, sehingga membuat Terios makin ramah lingkungan.

Masalahnya, apakah dengan pemasangan fitur Eco Idle tersebut aki Terios akan cepat tekor. Karena seperti diketahui, durasi hidup dan mati mesin mobil akan lebih sering terjadi, apalagi blower penyejuk di kabin tetap menyala.

Baca juga: Masalah Rembesan Oli Transmisi, Suzuki Recall Jimny di Indonesia

Fitur Eco Idle pada TeriosKOMPAS.com/STANLY RAVEL Fitur Eco Idle pada Terios

Ketika menjawab pertanyaan tersebut, Head, Test & Validation Division, Research & Development Directorate PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Yasuo Sahashi menjelaskan, bila pemasangan fitur tersebut telah dibarengi dengan baterai atau aki baru yang memiliki kapasitas lebih besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita sudah pastikan, jadi mesi mesin Terios mati dan menyala berulang kali, tidak akan berefek pada performa baterainya," kata Sahashi kepada media di Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Lebih lanjut terkait kerja akit Eco Idle pada Terios, Anjar Rosjadi, Head of Marketing Product Planning Division ADM mengatakan, jenis aki yang digunakan pada SUV murahnya kali ini berbeda dengan versi sebelumnya.

Secara kapasitas, aki Terios IDS menggunakan 45 ampere. Beda dengan versi reguler sebelumnya yang hanya 35 ampere, sehingga diklaim memiliki daya tahan yang telah disesuaikan.

Aki baru Terios IDSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Aki baru Terios IDS

"Baterainya lebih besar, yang dulu 35 sekarang 45 ampere. Spesifikasinya beda dan lebih tinggi serta punya kemampuan quick charging dan deep charging," ujar Anjar.

Baca juga: Tambah Fitur Hemat, Harga Terios Naik Mulai Rp 3,8 Juta

Dengan kemampuan quick dan deep charging, Anjar menjelaskan aki pada Terios IDS mampu bekerja lebih cepat mengembalikan daya listrik sehingga mobil mudah untuk di starter.

Sementara soal daya tahan, pada dasarnya Anjar menjelasakan tidak berbeda dari aki standar Terios sebelumnya karena sudah disesuaikan dengan penggunaannya. Namun memang harga aki Terios IDS lebih mahal.

Daihatsu Terios IDSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Terios IDS

"Tekor tentu tidak, karenakan sudah disesuaikan. Jadi sama saja dengan aki sebelumnya soal daya tahan, cuma karena dipasang Eco Idle kami kasih aki yang lebih besar untuk mengimbangi, jadi ngga usah khawatir mudah soak atau tekor," kata Anjar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.