Mengalami Tank Slapper, Apa yang Mesti Dilakukan?

Kompas.com - 20/09/2021, 16:21 WIB
Honda CBR150R generasi lama pakai suspensi depan upside down Showa SFF-BP Dok. Muda MotorHonda CBR150R generasi lama pakai suspensi depan upside down Showa SFF-BP
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam berkendara menggunakan sepeda motor ada istilah Tank Slapper, yaitu merupakan kondisi goyangan yang berlebihan pada setang saat kondisi sedang kencang.

Kondisi Tank Slapper bisa sangat berbahaya apalagi jika terjadi di kecepatan tinggi, dan makin berbahaya jika pengendara salah dalam mengantisipasi gerak motor.

Baca juga: Ganjil Genap di Kawasan Wisata Bakal Merugikan jika Tanpa Persiapan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tabloid OTOMOTIF (@otomotifweekly)

 

"Biasanya pada kondisi ini pengendara sulit untuk mengontrol kestabilan dan keseimbangan motor sehingga bisa saja mengalami kecelakaan saat berkendara," kata Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, kepada Kompas.com, Senin (20/9/2021).

Agus mengatakan, jika mengalami kondisi seprti itu maka pengendara harus tetap tenang, kemudian menutup gas untuk mengurangi kecepatan, serta yang paling penting menjaga keseimbangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketika pengendara mengalami kejadian tersebut sebaiknya segera mengurangi kecepatan dengan menutup gas dan menginjak rem belakang agar goyangan pada setang dapat berkurang," katanya.

Baca juga: Bahaya Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan, Bisa Bikin Celaka

All New CBR600RR dengan warna baru telah hadir di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL All New CBR600RR dengan warna baru telah hadir di Indonesia

"Dan yang paling penting adalah jangan panik saat mengalami kejadian tersebut agar kita dapat berpikir dengan tenang dan mengontrol motor dengan baik," kata Agus.

Dilansir dari akun Instagram Otomotif Weekly, menyebut tidak banyak yang bisa dilakukan oleh pengendara jika mengalami kondisi tersebut kecuali membiarkan setang kembali normal.

"Berusaha rileks sambil menurunkan kecepatan hingga stang tersebut kembali stabil. Memasang stabilizer atau steering damper adalah salah satu kunci terhindar dari tank slapper," tulisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.