Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Pencurian Speedometer Truk, Pengusaha Minta Penjagaan Ketat

Kompas.com - 16/09/2021, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTruk di Indonesia bisa dibilang paling sering terkena aksi kriminal. Misalnya dari aksi pemalakan, bajing loncat, begal, perampasan, sampai pencurian barang, mulai dari ban serep, aki, bahkan speedometer.

Aksi pencurian speedometer truk kini semakin marak. Alasannya, karena mudah membobol pintu truk, sehingga aksi pencurian bisa dilakukan dengan cepat, barangnya kecil jadi mudah untuk dimasukkan ke dalam tas, dan harganya yang lumayan mahal.

Yanuar Iswara, Wakil Ketua Bidang Sarana dan Prasarana Angkutan DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY mengatakan, kasus pencurian speedometer sangat banyak dan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Ingat Bahaya Pakai Jas Hujan Ponco

Video aksi pemalakan oleh bocah dengan menyetop bus di daerah Tangerang beredar di media sosial pada Senin (23/12/2019).Instagram: Camera_penjuru Video aksi pemalakan oleh bocah dengan menyetop bus di daerah Tangerang beredar di media sosial pada Senin (23/12/2019).

“Pokoknya di mana saja truk parkir, bisa terjadi aksi pencurian speedometer. Misalnya di rest area, warung, atau pinggir jalan, sistem keamanan truk yang minim juga memudahkan pencuri,” kata Yanuar kepada Kompas.com, Rabu (15/9/2021).

Kerugian dari dicurinya speedometer ini bisa sampai Rp 3 juta. Kemudian jika perangkat ECU turut dicuri, tentu truk jadi tidak bisa dikemudikan. Para pengusaha truk berharap adanya pengawasan yang lebih ketat di tempat-tempat truk istirahat.

Baca juga: Jadwal MotoGP San Marino 2021, Balapan Perpisahan Rossi di Italia

“Perlu ada CCTV dan operator yang mengamati di tiap rest area. Bukan cuma CCTV tapi enggak ada yang jagain," kata Yanuar.

Pengemudi truk juga sebenarnya bisa mengantisipasi aksi pencurian dengan memilih lokasi istirahat yang minimal ada penjaga parkirnya. Sehingga truk bisa diawasi dan aksi pencurian bisa diminimalisir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com