Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Penting Sesi Tes Pra-musim MotoGP di Sirkuit Mandalika?

Kompas.com - 30/08/2021, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika, Lombok, sudah resmi mendapatkan tanggal dari Dorna Sports untuk menjadi lokasi sesi tes pra-musim MotoGP 2022. Tentunya, ini menjadi suatu kebanggaan mengingat pentingnya sesi tes tersebut.

Happy Harinto, Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Association (MGPA), mengatakan, ini sesuatu hal yang membanggakan bagi Indonesia. Selain itu, jadi sebuah kehormatan bagi Mandalika dijadikan sirkuit untuk bisa melakukan uji coba atau tes pr-musim MotoGP 2022.

Baca juga: Direktur WorldSBK Puji Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika

"Bagaimana tidak? Karena kami masih menyelesaikan proses pembangunan dan persiapan secara intens. Namun, kami sudah mendapat kepercayaan penuh dari Dorna dan itu hal yang kami syukuri," ujar Happy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Gedung Race Control pada Sirkuit Mandalika tengah dibangunDok. MGPA Gedung Race Control pada Sirkuit Mandalika tengah dibangun

Happy menambahkan, kepercayaan adalah hal terpenting dalam kolaborasi ini dan seperti banya orang tahu bahwa tes pra-musim adalah tes yang sangat penting untuk memulai sebuah musim balap.

Semua teknologi akan tumpah ruah di sirkuit Mandalika dari semua pabrikan sepeda motor dan semua pebalap MotoGP akan hadir.

"Produsen produk–produk yang mendukung event balap di MotoGP, dari helm, racing suit, sarung tangan, sepatu, engine, chassis, beban, stamina dan juga ajang untuk menguji skill pebalap, mekanik, serta semua teknologi dan engineer terbaik dari tiap pabrikan yang akan hadir dan diuji di Mandalika," kata Happy.

Baca juga: Usai Tukang Sayur, Giliran Tiga Bocah Nekat Jajal Sirkuit Mandalika

Selain itu, penting juga bagi pebalap untuk mengenal sirkuit yang baru akan digunakan dalam kalender balap MotoGP. Pebalap harus mempelajari layout, karakter tikungan, dan karakter aspalnya.

Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan Aprildok BBC Indonesia Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan April

Happy mengatakan, semua hal tersebut harus dites sebelum menghadapi musim balap tahun 2022 Setting dari tiap elemen dan komponen akan diuji, seperti bagaimana setting suspensinya, strategi elektroniknya dan telemetri, strategi dan komposisi ban yang akan digunakan dalam menghadapi semua karakter sirkuit di dunia.

Dengan begitu performa kendaraan akan terjaga dalam menghadapi setiap kompetisi, dan untuk selanjutnya GP Comission akan mencatat dan menyegel semua teknologi yang akan digunakan di musim 2022.

"Kira-kira seperti itu bayangan begitu pentingnya Tes Pra Musim bagi keberlangsungan event MotoGP jadi kami harus bersiap untuk momen yang sangat luar biasa ini dan semoga ini menjadi awal yang baik bagi sirkuit Mandalika di pentas dunia," ujar Happy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com