Perbedaan Jenis Helm Full Face dan Open Face

Kompas.com - 29/08/2021, 09:41 WIB
Test ride Honda All New CBR150R Antonius YuliyantoTest ride Honda All New CBR150R

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu syarat wajib mengendarai sepeda motor adalah menggunakan helm. Perlengkapan berkendara yang merupakan pelindung kepala ini juga ada beberapa jenis dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Helm berfungsi untuk melindungi organ tubuh yang sangat vital, yaitu otak di dalam kepala, apabila terjadi kecelakaan. Helm yang digunakan juga disarankan sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

Saafety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ludhy Kusuma Robby, menjelaskan, helm adalah salah satu fitur keselamatan penting saat mengendarai sepeda motor.

Baca juga: Pahami Risiko dan Bahaya Modifikasi Tali Pengikat Helm

"Walaupun kita berkendara dengan jarak yang dekat, wajib menggunakan Helm. Pengendara juga perlu memahami jenis-jenis helm dan fungsinya yang aman serta nyaman saat berkendara ke mana pun," ujar Ludhy, dalam keterangan resminya.

1. Helm Full Face

Helm full faceDok. DAM Helm full face

Helm jenis ini merupakan salah satu helm yang paling aman digunakan. Sebab, helm ini benar-benar melindungi bagian otak belakang, rahang, dan bagian wajah apabila terjadi kecelakaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Biasanya helm full face ini dipakai oleh para pebalap motor dan juga bikers yang hobi melakukan perjalanan touring dengan jarak tempuh yang jauh. Namun, tidak ada salahnya digunakan di dalam kota, karena helm full face aman untuk meminimalisir risiko ketika mengalami kecelakaan,” kata Ludhy.

Baca juga: Pilihan Helm Baru untuk Pengguna Motor, Harga Mulai Rp 450.000

2. Helm Open Face

Helm open faceDok. DAM Helm open face

Helm jenis ini juga termasuk helm yang aman, karena tetap dapat melindungi otak bagian belakang dan rahang. Helm open face biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari saat mengendarai sepeda motor atau dalam mobilitas jarak yang pendek.

“Tidak disarankan menggunakan helm ini ketika berkendara jarak jauh, apalagi jika menggunakan sepeda motor dengan kapasitas cc yang besar,” ujar Ludhy.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.