Kabel Kelistrikan Jimny Bermasalah, Suzuki Panggil Para Pemilik Jimny

Kompas.com - 29/08/2021, 07:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Jimny belum lama ini menjadi perbincangan di beberapa forum. Sebab, ada komponen pada mobil ini yang berpotensi akan menimbulkan masalah.

Kabel kelistrikan atau wiring di bagian pintu kanan dan kiri disebutkan dapat bermasalah. Maka itu, pihak Suzuki akan memanggil para pemilik Jimny untuk mengganti part tersebut.

Baca juga: Suzuki Jimny Versi Niaga Mulai Dipasarkan, Harga Rp 300 Jutaan

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, menolak hal tersebut sebagai recall. Menurutnya, langkah yang dilakukan Suzuki ini hanyalah service campaign.

Test Drive Suzuki JimnyKompas.com/Dio Test Drive Suzuki Jimny

"Bukan recall hanya service campaign saja kok. Penggantian part untuk antisipasi saja," ujar Hariadi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Hariadi menambahkan, part yang bermasalah adalah karet pembungkus wiring. Tapi, tidak semua Jimny yang bermasalah.

Baca juga: SUV Bekas di Bawah Rp 70 Juta di Bandung, Dapat Jimny sampai CR-V

"Tahun tertentu saja, yang pasti kalau memang perlu diganti (konsumen) akan dihubungi kalau sudah tersedia part-nya," kata Hariadi.

Test Drive Suzuki JimnyKompas.com/Dio Test Drive Suzuki Jimny

Hariadi mengatakan, jika part tersebut diganti, maka akan dapat berpengaruh ke wiring tersebut. Artinya, bisa saja fungsi yang ada pada bagian pintu menjadi tidak berfungsi, seperti door lock, power window, spion, dan lainnya.

Hariadi menambahkan, pemilik Jimny tidak bisa langsung membawa mobilnya ke diler untuk melakukan penggantian part tersebut. Sebab, part-nya terbatas dan yang diprioritaskan yang bisa dihubungi oleh pihak diler terlebih dahulu.

Test Drive Suzuki JimnySuzuki Test Drive Suzuki Jimny

"Makanya, tadi saya infonya service campaign, bukan recall, yang dihubungi saja yang perlu diganti. Kalau pun belum sempat ganti, masih di-cover oleh garansi," ujar Hariadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.