Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota HiAce Kerap Jadi Pilihan untuk Basis Motorhome

Kompas.com - 26/08/2021, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comToyota HiAce merupakan salah satu lini kendaraan niaga yang ditawarkan Toyota Indonesia. Mobil yang bisa memuat sampai belasan orang ini pun kerap digunakan sebagai armada travel antar kota.

Selain jadi angkutan travel, HiAce belum lama ini juga kerap digunakan sebagai basis motorhome di Indonesia. Sebut saja Baze, Delima Jaya, BAV, dan karoseri interior lainnya yang sudah memakai HiAce sebagai basis motorhome.

Motorhome memang sedang tren di Indonesia. Hal ini karena pemiliknya bisa berlibur namun tidak perlu keluar dari mobil, karena sudah tersedia kasur bahkan toilet di dalam kendaraannya.

Baca juga: Hantu Langit, Yamaha Vixion Andalan Pilot TNI AU

Kabin Toyota HiAce motorhome buatan BazeDOK. BAZE Kabin Toyota HiAce motorhome buatan Baze

Lalu mengapa HiAce kerap diandalkan menjadi motorhome?

Managing Director karoseri Delima Jaya Winston Wiyanta mengatakan, HiAce memang paling populer dijadikan basis motorhome karena dari segi harga dan mereknya yang bisa diandalkan.

“Kendaraan yang sejenis minivan tidak ada lagi dengan price range HiAce. Kalau sekelas Isuzu Elf, itu sebenarnya lebih ke katogori truk, ada juga Mercedes Benz Sprinter, cuma harganya tinggi, bisa dua sampai tiga kali lipat,” kata Winston kepada Kompas.com, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Toyota Hilux Revo GR Sport Resmi Meluncur

Kalau mau memakai Elf juga sebenarnya lebih cocok untuk dijadikan Recreational Vehicle (RV) dengan ukuran yang lebih besar dan tinggi. Jadi untuk motorhome, lebih ideal HiAce.

“Soal modifikasi kelistrikan juga mudah, karena sudah ada panduannya dari APM, jadi dari Toyota Indonesia langsung,” ucap Winston.

Motorhome buatan BazeDOK. BAZE Motorhome buatan Baze

Umbu Tedy, Head Division Motorhome Baze mengatakan, Toyota punya jaringan bengkel yang luas, jadi tidak khawatir ketika motorhome mengalami masalah di kota-kota kecil di Indonesia.

“Dulu pernah pakai motorhome HiAce di Makassar dan ada masalah, tinggal ke jaringan diler terdekat. Tapi kalau merek lain, belum tentu ada di setiap kota di Indonesia,” kata Umbu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com