Mobil Apa Saja yang Bisa Dijadikan Motorhome?

Kompas.com - 26/08/2021, 14:41 WIB
Toyota HiAce motorhome buatan Baze KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIToyota HiAce motorhome buatan Baze

BOGOR, KOMPAS.com – Tren mobil yang diubah kabinnya menjadi motorhome memang sedang tren di Indonesia. Apalagi pada masa pandemi seperti sekarang, motorhome bisa menjadi alternatif liburan yang aman.

Aman di sini maksudnya adalah pengemudi tidak perlu menginap di hotel dan bisa berlibur di tempat yang jauh dari keramaian.

Pengemudi tinggal mencari tempat parkir yang aman, lalu bisa tidur bahkan motorhome juga terkadang memiliki toilet di dalamnya.

Bagi yang berminat untuk memodifikasi mobilnya menjadi motorhome, apakah ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi dari kendaraan yang menjadi basisnya?

Baca juga: HiAce Premio Motorhome Super Mewah Buatan BAV, Ada Kasur dan Toilet

Campervan basis HiaceDelima Jaya Campervan basis Hiace

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Umbu Tedy, Head Division Motorhome Baze, karoseri modifikasi interior kendaraan mengatakan, idealnya bisa mencari mobil dengan bentuk yang mengotak atau boxy agar leluasa di dalam kabinnya.

“Paling kecil bisa Daihatsu Gran Max, Suzuki APV, Nissan Evalia, atau Toyota HiAce itu enak. Motorhome itu kenapa disebut ‘home’ karena jadi rumah, artinya bisa betah tinggal di dalamnya dalam waktu yang lama,” ucap Umbu kepada Kompas.com, Kamis (26/8/2021).

Managing Director karoseri Delima Jaya Winston Wiyanta juga mengatakan, sebuah mobil yang ideal dijadikan motorhome selama dimensi dalamnya yang mencukupi untuk keperluan camper, seperti sofa bed, toilet, kitchen, meja, dan lain-lain.

Baca juga: Punya Saldo Tabungan Minimal Rp 18 Juta, Baru Bisa Beli Xpander

“Idealnya, lebar kendaraan tidak kurang dari 1,8 meter, serta panjang tidak kurang dari 5 meter. Dengan begitu, banyak perlengkapan yang bisa dipasang di kabin,” kata Winston.

Memang bisa juga jika memakai mobil dengan dimensi yang lebih kecil, namun ada beberapa fitur yang dihilangkan karena tidak muat. Misalnya jika memakai mobil yang lebih kecil, tidak memiliki dapur atau wastafel.

“Tetap bisa pakai basis kendaraan yang lebih kecil, cuma fiturnya jadi lebih terbatas,” ucap Winston.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.