Ada Lubang Besar di Jalan Margonda, Warga Inisiatif Kasih Tanda

Kompas.com - 26/08/2021, 12:21 WIB
Lubang pada Jalan Margonda Raya, Depok, yang membahayakan Dok. @infodepok_idLubang pada Jalan Margonda Raya, Depok, yang membahayakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Lubang yang terdapat di jalan raya bisa sangat membahayakan keselamatan. Selain membahayakan, bisa juga merusak komponen yang ada pada kendaraan.

Salah satunya adalah lubang yang terdapat di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat. Pada salah satu ruas jalannya, terdapat lubang yang dapat mencelakakan pengguna jalan tersebut.

Pada video pendek dan foto yang diunggah oleh akun Instagram @infodepok_id, lubang tersebut terdapat di Jalan Margonda Raya arah selatan, sebelum tugu lampu merah Margonda.

Baca juga: Jangan Rem Mendadak Bila Ketemu Lubang di Jalan

"Khususnya roda dua, harap berhati-hati, ada jalan berlubang yang suka bikin kaget pengendara. Sengaja dipilox beri tanda agar pengguna jalan lain tahu dan lebih berhati-hati," tulis keterangan pada unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika melihat lubang, usahakan jangan melakukan pengereman mendadak atau pindah jalur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Misalkan, kecepatan kita tinggi kemudian kaget melihat di depan ada lubang. Usahakan tidak ngerem mendadak atau pindah lajur. Jangan sampai waktu mengerem, kita aman tapi yang belakang tidak siap malah menabrak kita atau jatuh karena kaget,” ujar Agus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Agus, tak sedikit pengendara di belakang yang jatuh karena kaget atau bahkan menabrak pengendara yang melakukan pengereman mendadak.

Baca juga: Ada Lubang Saat Mengendarai Motor, Hatam atau Hindari?

"Jika melihat lubang dan kondisi di jalan sedang ramai, maka lebih baik hajar saja ketimbang mengerem atau menghindari lubang. Lubang di jalan biasanya masih bisa dilewati, tidak dalam (seperti off road), kita terjang saja lubangnya. Itu akan lebih efekif dan lubang dibandingkan menghindari lubang,” kata Agus.

Kondisi jalan berlubang di Jalan Kaligawe Raya depan RSI Sultan Agung Semarang, Minggu (28/2/2021)KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Kondisi jalan berlubang di Jalan Kaligawe Raya depan RSI Sultan Agung Semarang, Minggu (28/2/2021)

Jika terpaksa melewati jalan yang berlubang, menurut Agus, ada tekniknya tersendiri, agar motor yang dikendarai tetap terjaga keseimbangannya. Bisa engan menaikkan sedikit bokong dan mempertegak pundak. Sama seperti teknik yang digunakan motocross.

Pada pengemudi mobil juga lubang di jalan bisa saja berdampak, khususnya pada bagian kaki-kaki mobil.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, ada beberapa komponen mobil yang akan terdampak jika menghajar lubang dengan keras.

"Yang pasti terdampak jika menghajar lubang itu kaki-kaki mobil, kalau shockbreaker kan biasanya ada yang dari gas ada yang dari oli. Berarti kan ada silnya di dalem, biasanya silnya itu jadi bocor karena hantaman keras tadi," ujar Didi.

Didi mengatakan, sebenarnya fungsi dari shockbreaker adalah menahan guncangan, baik melewati jalan berlubang ataupun polisi tidur. Namun, dengan perlakuan yang tepat, maka potensi kerusakan komponen shockbreaker dapat dihindari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.