Iklan Jadul Motor China Jialing, Banyak Kloningan Merek Jepang

Kompas.com - 18/08/2021, 14:21 WIB
Jialing Target Z Foto: Tangkapan layar akun Rayuan IklanJialing Target Z
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar sepeda motor Indonesia pernah jadi pertaruhan merek-merek asal China. Hal itu terjadi pada awal tahun 2000'an di mana banyak merek China menyerbu Tanah Air.

Motor China alias mocin sempat ramai karena daya beli masyarakat yang masih terpengaruh Krisis Moneter 1998. Mocin datang dengan harga yang lebih bersaing ketimbang merek Jepang.

Baca juga: Menu Mobil Baru yang Mengaspal Pekan Ini di Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by rayuaniklan (@rayuaniklan)

 

Salah satu mocin yang cukup dikenal ialah Jialing. Mocin ini pertama kali masuk Indonesia pada tahun 1998, dibawa oleh PT Buana Jialing Makmur Sakti Motor (BJMSM).

Jialing Target R Foto: Tangkapan layar akun Rayuan Iklan Jialing Target R

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Indonesa Jialing cukup banyak menghadirkan berbagai model andalannya. Nama-namanya pun cukup unik, seperti Jialing Bangau dan Jialing Kancil.

Model-modelnya waktu itu kloningan jika tidak mau dibilang menjiplak merek-merek Jepang seperti Honda dan Yamaha. Harganya pun jauh lebih murah.

Mengutip Otomania, berdasarkan arsip tabloid OTOMOTIF edisi No.32/X, 18 Desember 2000, saat itu Honda Supra X harganya Rp 11.845.000 sedangkan Jialing Bangau seharga Rp 8.400.000.

Baca juga: Honda Rilis Edisi Scoopy Snoopy, Cuma 4.000 Unit

Jialing RN125Foto: Tangkapan layar akun instagram Rayuan Iklan Jialing RN125

Kini dua dasawarsa kemudian, nama Jialing kembali muncul di media sosial. Poster dan iklan yang pernah eksis zaman dulu kembali diunggah akun Rayuan Iklan dan menarik perhatian.

Terlihat beberapa model Jialing yang merupakan copypaste merek lain. Seperti Jialing Target Z yang merupakan kloningan Yamaha Jupiter Z, kemudian Jialing Target R yang kloningan Honda Supra.

Tak cuma motor bebek alias moped, Jialing juga punya model motor sport alias motor batangan. Seperti Jialing RN125 yang merupakan kloningan Suzuki Thunder 125.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.