Brio Satya Mobil Terlaris Honda Sepanjang Juli 2021, Cek Harga Bekasnya

Kompas.com - 18/08/2021, 10:12 WIB
Honda Brio Satya CVT KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda Brio Satya CVT

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengisi segmen mobil low cost green car (LCGC) di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengusung Honda Brio khusus tipe Satya sebagai andalannya.

Brio sendiri dikenal memiliki 2 tipe dengan emblem yang berbeda. Brio Satya masuk dalam kategori mobil LCGC. Sementara Brio RS menjadi pengisi di segmen city car non-LCGC.

Melihat dapur pacunya, Brio Satya dibekali mesin SOHC 4 silinder berkapasitas 1.200 cc. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 89 hp dan torsi maksimal 110 Nm.

Baca juga: Susunan Pebalap MotoGP 2022, Dua Tim Belum Ada Kepastian

Lantas untuk sistem transmisinya, Honda memberikan pilihan sistem transmisi manual konvensional dan matik CVT. Namun untuk Brio Satya varian S hanya tersedia sistem transmisi manual saja.

Honda Brio Satya 2016.Febri Ardani/KompasOtomotif Honda Brio Satya 2016.

Dalam siaran pers yang dirilis oleh PT HPM, Sabtu (14/8/2021) kemarin, Brio Satya sukses menjadi mobil Honda terlaris pada bulan Juli dengan catatan penjualan 2.170 unit, mengungguli saudaranya Brio RS yang terjual sebanyak 1.832 unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk harganya sendiri, saat ini Brio Satya dibanderol pada angka Rp 151,4 juta untuk tipe S, Rp 160,4 juta untuk tipe E, dan Rp 175,4 juta untuk tipe E CVT. Ketiganya merupakan harga on the road (OTR) Jakarta.

Baca juga: Bus Tambang Baru dari Adiputro, Pakai Sasis Scania

Harga tersebut tentu relatif mahal bagi sebagian kalangan yang bermodalkan dana di bawah Rp 100 juta. Oleh karena itu berburu Brio Satya bekas jadi solusinya.

Dari informasi yang telah dihimpun Redaksi Kompas.com di beberapa bursa mobil bekas daring, Selasa (17/8/2021), Brio Satya dengan banderol harga di bawah Rp 100 juta merupakan lansiran tahun 2013-2017. Pilihan sistem transmisi yang tersedia mayoritas merupakan transmisi manual konvensional.

Honda Brio Satya CVT, LCGC dengan segudang fitur pemanja.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda Brio Satya CVT, LCGC dengan segudang fitur pemanja.

Jika ditemukan perbedaan harga antar penjual, bisa jadi itu disebabkan perbedaan kondisi unit baik pada mesin, bodi, kaki-kaki, hingga kelistrikan. Faktor lainnya adalah status pajak kendaraan yang sudah mati atau masih hidup.

Baca juga: Benarkah Ban Bisa Aus karena Sering Lewat Jalan Beton?

Sebagai referensi, berikut beberapa pilihan Brio Satya bekas di Ibu Kota dengan harga kurang dari Rp 100 juta.

  • Brio Satya E M/T tahun 2015 harga Rp 99 juta
  • Brio Satya E M/T tahun 2015 harga Rp 96,5 juta
  • Brio Satya S M/T tahun 2017 harga Rp 95 juta
  • Brio Satya E M/T tahun 2016 harga Rp 95 juta
  • Brio Satya E M/T tahun 2013 harga Rp 90 juta
  • Brio Satya S M/T tahun 2014 harga Rp 87 juta
  • Brio Satya S M/T tahun 2015 harga Rp 75 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.