Salin Artikel

Iklan Jadul Motor China Jialing, Banyak Kloningan Merek Jepang

Motor China alias mocin sempat ramai karena daya beli masyarakat yang masih terpengaruh Krisis Moneter 1998. Mocin datang dengan harga yang lebih bersaing ketimbang merek Jepang.

Salah satu mocin yang cukup dikenal ialah Jialing. Mocin ini pertama kali masuk Indonesia pada tahun 1998, dibawa oleh PT Buana Jialing Makmur Sakti Motor (BJMSM).

Di Indonesa Jialing cukup banyak menghadirkan berbagai model andalannya. Nama-namanya pun cukup unik, seperti Jialing Bangau dan Jialing Kancil.

Model-modelnya waktu itu kloningan jika tidak mau dibilang menjiplak merek-merek Jepang seperti Honda dan Yamaha. Harganya pun jauh lebih murah.

Mengutip Otomania, berdasarkan arsip tabloid OTOMOTIF edisi No.32/X, 18 Desember 2000, saat itu Honda Supra X harganya Rp 11.845.000 sedangkan Jialing Bangau seharga Rp 8.400.000.

Kini dua dasawarsa kemudian, nama Jialing kembali muncul di media sosial. Poster dan iklan yang pernah eksis zaman dulu kembali diunggah akun Rayuan Iklan dan menarik perhatian.

Terlihat beberapa model Jialing yang merupakan copypaste merek lain. Seperti Jialing Target Z yang merupakan kloningan Yamaha Jupiter Z, kemudian Jialing Target R yang kloningan Honda Supra.

Tak cuma motor bebek alias moped, Jialing juga punya model motor sport alias motor batangan. Seperti Jialing RN125 yang merupakan kloningan Suzuki Thunder 125.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/18/142100015/iklan-jadul-motor-china-jialing-banyak-kloningan-merek-jepang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.