Bus Tambang Baru dari Adiputro, Pakai Sasis Scania

Kompas.com - 17/08/2021, 10:22 WIB
Bus karyawan pertambangan AMMAN instagram/adiputro_officialBus karyawan pertambangan AMMAN

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada area pertambangan, bus kerap digunakan sebagai alat transportasi karyawan. Bus bisa digunakan untuk mengantar para pekerja dari tempat tinggalnya ke area tambang.

Biasanya bus yang digunakan untuk mengangkut karyawan di area pertambangan memiliki beberapa perbedaan. Misalnya seperti bus karyawan area tambang yang baru ini dirilis dari karoseri Adiputro.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus karoseri Adiputro mengatakan, bus yang digunakan untuk mengangkut karyawan di pertambangan dengan yang biasa digunakan untuk AKAP berbeda cukup banyak.

Baca juga: Punya Uang Rp 180 Juta, Pilih Alphard Bekas atau Avanza Baru?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Misalnya bagian lantai dan bagasi memakai pelat bordes. Interior juga tanpa rak yang biasanya ada di atas kepala penumpang,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Kalau dilihat dari luar, bus tambang milik PT AMMAN ini menggunakan bodi Jetbus 3+ HDD Voyager. Bus berkelir putih ini memakai sasis Scania K360iB, sebuah sasis yang bisa dibilang premium dan memiliki tenaga sebesar 360 TK.

Baca juga: Cuma Rp 100 Jutaan, Kijang Innova Reborn Bekas Golden Bird

“Perbedaan lainnya dengan bus biasa, bus ini hanya memiliki dua bagasi. Jadi tidak ada bagasi untuk membawa barang, fungsinya hanya untuk tempat aki dan toolkit saja,” kata Yohan.

Melihat ke bagian kabin, lantai sudah dipasangi pelat bordes yang kuat dan tahan lama. Sedangkan fitur-fitur hiburan juga tetap disematkan, seperti hadirnya dua TV LED berukuran cukup besar di bagian depan dan tengah kabin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.