Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Tambang Baru dari Adiputro, Pakai Sasis Scania

Kompas.com - 17/08/2021, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada area pertambangan, bus kerap digunakan sebagai alat transportasi karyawan. Bus bisa digunakan untuk mengantar para pekerja dari tempat tinggalnya ke area tambang.

Biasanya bus yang digunakan untuk mengangkut karyawan di area pertambangan memiliki beberapa perbedaan. Misalnya seperti bus karyawan area tambang yang baru ini dirilis dari karoseri Adiputro.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus karoseri Adiputro mengatakan, bus yang digunakan untuk mengangkut karyawan di pertambangan dengan yang biasa digunakan untuk AKAP berbeda cukup banyak.

Baca juga: Punya Uang Rp 180 Juta, Pilih Alphard Bekas atau Avanza Baru?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

 

“Misalnya bagian lantai dan bagasi memakai pelat bordes. Interior juga tanpa rak yang biasanya ada di atas kepala penumpang,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Kalau dilihat dari luar, bus tambang milik PT AMMAN ini menggunakan bodi Jetbus 3+ HDD Voyager. Bus berkelir putih ini memakai sasis Scania K360iB, sebuah sasis yang bisa dibilang premium dan memiliki tenaga sebesar 360 TK.

Baca juga: Cuma Rp 100 Jutaan, Kijang Innova Reborn Bekas Golden Bird

“Perbedaan lainnya dengan bus biasa, bus ini hanya memiliki dua bagasi. Jadi tidak ada bagasi untuk membawa barang, fungsinya hanya untuk tempat aki dan toolkit saja,” kata Yohan.

Melihat ke bagian kabin, lantai sudah dipasangi pelat bordes yang kuat dan tahan lama. Sedangkan fitur-fitur hiburan juga tetap disematkan, seperti hadirnya dua TV LED berukuran cukup besar di bagian depan dan tengah kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com