DAM Beri Edukasi Safety Riding pada Ribuan Siswa SMK

Kompas.com - 15/08/2021, 20:31 WIB
PT Daya Adicipta Motora (DAM) menggelar edukasi safety riding secara virtual kepada ribuan siswa SMK Dok. DAMPT Daya Adicipta Motora (DAM) menggelar edukasi safety riding secara virtual kepada ribuan siswa SMK

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum bisa mengendarai sepeda motor, tentunya juga harus memahami soal keamanan berkendara atau safety riding. Edukasi ini penting untuk diberikan pada anak muda di tingkat pelajar.

Untuk itu, PT Daya Adicipta Motora (DAM), Main Dealer motor Honda di Jawa Barat, rutin memberikan edukasi keselamatan berkendara untuk seluruh lapisan masyarakat. Pada masa pandemi ini, edukasi safety riding diberikan secara virtual melalui webinar oleh para instruktur safety riding DAM.

Baca juga: Pentingnya Edukasi Safety Riding Sejak Dini

Pada bulan Agustus ini, sebanyak 1.500 pelajar dan 100 guru SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang mengikuti pelatihan safety riding yang dibagi ke dalam empat batch. Pelatihan ini dipandu langsung oleh instruktur safety riding DAM, yakni Tamy Pratama, Asep Wawan, dan Adni Rahmat Ramli.

PT Daya Adicipta Motora (DAM) menggelar edukasi safety riding secara virtual kepada ribuan siswa SMKDok. DAM PT Daya Adicipta Motora (DAM) menggelar edukasi safety riding secara virtual kepada ribuan siswa SMK

Safety Riding Development Section Head DAM Ludhy Kusuma mengatakan, seluruh peserta diberikan edukasi mengenai pentingnya berkendara yang aman dan nyaman, serta mengenali potensi bahaya yang ada di jalan raya saat berkendara.

Selain itu, seluruh peserta juga mendapatkan edukasi bagaimana memprediksi bahaya yang ada dan berbagai macam mekanisme pengendara di jalan raya ketika ada potensi bahaya di depan mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam webinar ini, disampaikan juga perlunya beberapa aspek di dalam diri pada saat memprediksi bahaya, seperti pengalaman, keterampilan berkendara, pengetahuan, dan salah satu yang terpenting adalah aspek emosional di dalam diri.

Baca juga: Viral Foto Motor Versus Sepeda, Ini Baiknya dari Sisi Safety Riding

"Ada beberapa mekanisme dalam menghadapi potensi bahaya, di antarannya memahami situasi, memprediksi bahaya, memilah bahaya dan melakukan tindakan pengoprasian, semua itu harus dilakukan dalam waktu yang sangat cepat terlebih apabila bahaya yang ada itu muncul secara tiba-tiba," ujar Ludhy, dalam keterangan resminya.

PT Daya Adicipta Motora (DAM) menggelar edukasi safety riding secara virtual kepada ribuan siswa SMKDok. DAM PT Daya Adicipta Motora (DAM) menggelar edukasi safety riding secara virtual kepada ribuan siswa SMK

Selama kegiatan webinar juga disajikan dengan pre test dan post test untuk seluruh peserta. Pada sesi post test, tiga peserta terbaik dengan skor terbesar akan mendapatkan hadiah merchandise dan masker menarik dari Honda.

Tidak hanya itu, hadiah juga diberikan kepada peserta yang asertif dalam memberi pertanyaan favorit ataupun menjawab pertanyaan dari instruktur. Di akhir acara para instruktur melakukan sesi tanya jawab dengan seluruh peserta webinar mengenai safety riding dan potensi bahaya ketika berkendara.

“Peserta dari SMK Mitra Industri MM2100 merupakan peserta yang sangat asertif dan antusias atas pelatihan yang diberikan oleh instruktur. Kami berharap materi yang disampaikan kepada seluruh peserta dapat bermanfaat dan berdampak baik kepada seluruh peserta dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari ketika berkendara," kata Ludhy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.