Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Kemenhub Tekan Penyebaran Covid-19 di Transportasi Darat

Kompas.com - 09/08/2021, 11:41 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya penanganan dan pencegahan Covid-19, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat aktif menggelar pengecekan di beberapa simpul transportasi, khususnya Terminal Tipe A dan Pelabuhan penyeberangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, penanganan dilakukan berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa tes antigen, vaksinasi massal, serta pemberian sembako.

"Kami sadar saat ini masa yang sulit bagi masyarakat akibat pandemi Covid-19, karena itu kami dari Kemenhub sesuai arahan Menteri Perhubungan melakukan sejumlah upaya untuk membantu masyarakat," kata Budi dalam keterangan resminya, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Pindad MV2 4x4 dan Maung Beda Orientasi, Dirancang Khusus untuk Sipil

Menurut Budi, penyediaan rapid test antigen di terminal memang sampai saat ini masih berbayar, sedangkan di pelabuhan penyeberangan digratiskan. Ada lima lokasi di pelabuhan, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, dan Makassar.

Pengecekan PPKM Darurat Ketapang-GilimanukDok. Ajie Panatagama Pengecekan PPKM Darurat Ketapang-Gilimanuk

Untuk antigen yang masih berbayar dilakukan di Terminal Tirtonadi, Purworejo, Tingkir, dan Pulo Gebang dengan total tes sebanyak 3.114 orang. Sementara pelaksanaan antigen gratis di pelabuhan penyeberangan secara khusus disediakan bagi pengemudi angkutan logistik.

Sementara program vaksinasi gratis dihelat pada 14 Terminal Tipe A dan Pelabuhan Penyeberangan yang menggandeng pihak Marinir.

Beberapa lokasinya antara lain Terminal Pakupatan Serang, Terminal Leuwipanjang Bandung, Terminal Guntur Garut, Terminal Indihiang Tasikmalaya, Terminal Pulogebang Jakarta Timur, Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur, dan Terminal Arjosari Malang.

Baca juga: PPKM Berlanjut, Kemenhub Pastikan Aturan Transportasi Tak Berubah

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi KEMENHUB Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi

"Realisasinya per 6 Agustus kami telah melaksanakan vaksinasi terhadap 11.090 orang. Dari 14 terminal tersebut, enam terminal yang belum melaksanakan kegiatan vaksinasi karena masih menunggu ketersediaan vaksin di Dinas Kesehatan," kata Budi.

Sedangkan program vaksinasi di Pelabuhan Penyeberangan, berdasarkan data sudah ada 3.388 orang mulai dari Padangbai, Merak, Ketapang, Bakauheni, dan Gilimanuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com