Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindad MV2 4x4 dan Maung Beda Orientasi, Dirancang Khusus untuk Sipil

Kompas.com - 07/08/2021, 14:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) resmi meluncurkan MV2 4x4 sebagai inovasi terbaru dalam hal kendaraan taksis (rantis). Namun yang menarik, ternyata pengembangannya berbeda dengan Maung yang lebih dulu lahir.

Pindad merancang bangun MV2 4x4 khusus untuk kebutuhan kendaraan sipil. Sementara Maung, sejak awal didesain sebagai platform kendaraan operasi militer yang membuat keduanya beda secara jalur produksi.

Krisna Cahyadianus, Sekretaris Perusahaan PT Pindad mengatakan, MV2 memiliki basis berbeda dari Maung dan telah mulai dikembangkan sejak pertengah 2020 sampai rampung di Juli 2021.

Baca juga: Bedah Spesifikasi MV2 4x4 dan Maung Buatan Pindad

"MV2 dikembangkan tidak dari basis Maung, karena memiliki perbedaan kriteria desain. Secara teknis, kedua kendaraan ini berbeda konsep desainnya," ujar Krisna kepada Kompas.com (7/8/2021).

Pindad MV2 4x4KOMPAS.com/STANLY RAVEL Pindad MV2 4x4

"Secara teknis kedua kendaraan ini beda konsep desain. Maung 4x4 didesain khusus untuk platform operasi militer. Sedangkan MV2 disiapkan khusus untuk penggunaan sipil," kata dia.

Menurut Krisna, MV2 dikembangkan khusus agar dapat mengadopsi berbagai macam mesin serta sistem transmisi. Dengan catatan, mesin yang digunakan harus 4 silinder turbo diesel guna menunjang kemudahan produksiknya.

Dengan demikian, bisa dipastikan bila memang pasar MV2 dan Maung berbeda jalur. Tak heran desainnya lebih modern meski soal spesifikasi tenaga di atas kertas, masih kalah dari Maung. 

Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.

Apalagi MV2 diklaim lahir berdasarkan analisa pasar atas adanya antusiasme dan kebutuhan pengguna potensial terhadap kendaraan yang bercitarasa militer dan "diciptakan oleh industri militer".

Baca juga: Pindad MV2 4x4 Dijual Umum, Berapa Harga dan Siapa Targetnya ?

"Sehingga pasarnya lebih ke arah penggunaan sipil, instansi bahkan hobbies. Tampilan desain dan interior lebih modern, baris belakang lebih lega, atap hardtop dengan kanopi belakang yang dapat di lepas pasang menjadi kendaraan double cabin serta dilengkapi dengan foot step samping," kata Krisna.

Pindad MV2 4x4KOMPAS.com/STANLY RAVEL Pindad MV2 4x4

Lagi-lagi, terkait soal harga, Pindad masih bungkam untuk memberikan informasinya. Krisna hanya menjelaskan bila banderolnya akan diinformasikan lebih lanjut, termasuk mengenai detail spesifikasi mesin turbo diesel apa yang digunakan MV2 4x4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com