Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Varian Baru GR Sport pada Produk Toyota di Indonesia

Kompas.com - 09/08/2021, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia menghadirkan tipe kendaraan terbaru untuk para pecintanya di dalam negeri melalui Toyota Raize, yakni GR Sport. Karakter sport, dinamis, serta modern kuat melekat di varian ini.

Akronim dari Gazoo Racing, tipe bisa dibilang identitas baru di Indonesia. Bahkan, bisa juga dikatakan masih jarang tersedia di negara lain, khususnya di wilayah Asia Tenggara.

Lantas, apa yang membuatnya spesial?

Melansir laman resmi Auto2000, GR merupakan divisi khusus yang menangani, membuat, dan juga meriset mobil berperforma tinggi pada markas Toyota di Jepang.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021, Martin Juara, Quartararo Masih Teratas

Toyota RaizeDok. Toyota Toyota Raize

Bahkan, Toyota Gazoo Racing sering kali ikut turun di sejumlah kompetensi balap dunia mulai dari World Rally Championship (reli dunia), World Endurance Championship (balap ketahanan dunia) dan sejumlah laga lainnya diikuti TGR.

"Gazoo Racing juga melahirkan sejumlah mobil berperforma tinggi yang dilepas ke pasaran seperti Toyota GR Supra," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy beberapa waktu lalu.

Adapun GR Sport yang berada di Raize, masih memegang semangat tim Gazoo Racing untuk menghadirkan kendaraan berperforma tinggi namun nyaman digunakan harian.

Baca juga: 6 Cara buat Menghindari Rem Mobil Blong

Sebagai contoh, Toyota Voxy GR Sport, C-HR GR Sport, Noah GR Sport, Prius PHV GR Sport, sampai Land Cruiser GR Sport. Namun, mobil terkait tidak bisa dinikmati langsung oleh warga Indonesia karena hanya tersedia di Jepang.

Kemudian di wilayah Eropa dan Asia Tenggara, ada Corolla Hatchback GR Sport dan Corolla Touring GR Sport di Eropa hingga Vios GR Sport di Malaysia. Seluruh produk tersebut menjadi varian flagship dari model yang tersedia.

Baca juga: Kasus Api Menyambar Kolong Truk BBM, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Desain dinamis Toyota Supra yang mampu menarik perhatian sekitarKompas.com - AFH Desain dinamis Toyota Supra yang mampu menarik perhatian sekitar

"Sehingga mobil tidak hanya tampilannya saja yang sporty dan berperforma tinggi tapi juga dibarengi oleh mesin serta fiturnya," kata Anton.

Diketahui, Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport TSS merupakan produk roda empat pertama mengusung tipe GR Sport di Indonesia.

Pada dapur pacunya, pabrikan mempercayai 3 silinder turbo bertenaga 98 PSpada putaran 6.000 rpm dan torsi mencapai 14,3 Kgm atau sekitar 140 PS.

Guna memudahkan penggunaan oleh pemiliknya seraya meningkatkan nilai ekonomis, SUV kompak tersebut juga dibekali fitur canggih Toyota Safety Sense.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com