Polda Metro Tangkap 30 Mobil yang Balapan Liar di Asia Afrika

Kompas.com - 07/08/2021, 07:42 WIB
Ilustrasi muscle car yang digunakan dalam balap liar. iSTOCK/peepoIlustrasi muscle car yang digunakan dalam balap liar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya berhasil menangkap 30 unit mobil yang balapan liar di Jalan Asia Afrika, kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan pada Jumat, 6 Agustus 2021 dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

Puluhan pengendara tersebut mayoritas masih remaja. Mereka hendak lakukan adu kecepatan tidak resmi di depan pusat perbelanjaan Senayan City, Jakarta Selatan, memanfaatkan ruas jalan yang sepi akibat PPKM Level 4.

"Kami bawa pelaku terkait beserta kendaraannya ke Polda Metro Jaya untuk diperiksa. Dilakukan cek administrasi dan tilang," kata Kepala Unit Satuan Pamwal Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Harnas, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Upaya Menekan Angka Kecelakaan Truk di Jalan Raya

Balap liar di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusatinstagram.com/tmcpoldametro Balap liar di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat

Adapun landasan hukuman yang diberikan mengacu pada Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), tepatnya pada pasal 275-287.

Dalam beleid tersebut, pelaku balap liar bisa dikenakan beberapa sanksi;

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pasal 275, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah ).

2. Pasal 283, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

3. Pasal 287 ayat 5, yaitu dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).

Baca juga: Jangan Potong Lajur karena Kelewatan Exit Tol, Sangat Berbahaya

Polda Metro Jaya berhasil menangkap 30 unit mobil yang balapan liar di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Selatan pada Jumat, 6 Agustus 2021 dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Polda Metro Jaya berhasil menangkap 30 unit mobil yang balapan liar di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Selatan pada Jumat, 6 Agustus 2021 dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

"Sementara kendaraan bodong atau tanpa surat-surat akan disita," ujar Harnas.

Balapan liar saat PPKM Level 4 diberlakukan bukan kali ini saja terjadi. Pada akhir Juli 2021, polisi menangkap 70 pesepeda motor yang balapan liar di Sudirman, Jakarta Pusat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.