Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Interior Serta Fitur Baru pada Avanza dan Confero, Siapa Unggul?

Kompas.com - 06/08/2021, 18:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bahasan perbandingan Toyota Avanza dan Wuling Confero S kini berlanjut ke sektor interior. Secara umum keduanya menawarkan konfigurasi penumpang yang agak berbeda, jika Avanza maksimal untuk 7 orang, sementara Confero bisa sampai 8 penumpang.

Hal ini bisa terjadi pasalnya Confero menawarkan bodi selayaknya MPV sungguhan dengan atap tinggi.

Bahkan atapnya bisa dibilang rata sampai belakang, membuat penumpang baris ketiga mendapatkan ruang kaki dan kepala yang lebih lapang.

Baca juga: Beralih ke Mobil Listrik, Honda Pensiunkan Lebih dari 2.000 Karyawan

Interior New Wuling Confero SKompas.com/Donny Interior New Wuling Confero S

Sementara Avanza masih sama dengan model-model sebelumnya. Jika dibandingkan dengan kelas LCGC, LMPV ini jelas lebih lega, tapi tidak seluas Confero.

Bicara soal material kabin, kedua mobil banyak didominasi plastik keras. Namun memang material kabin Avanza bisa dibilang masih lebih baik.

Meski begitu, Confero menawarkan kenyamanan lebih baik, berkat jok captain seat khususnya pada varian teratas. Apalagi nuansa interior berwarna gelap, yang menonjolkan kesan lebih modern dan berkelas.

Baca juga: Rocky dan Raize, Meski Kembar Punya Fitur yang Berbeda

Interior New Wuling Confero SKompas.com/Donny Interior New Wuling Confero S

Pada sektor hiburan, pengguna Confero dimanjakan dengan head unit 8 inci touchscreen, audio control dan answering button di lingkar kemudi, electric adjustable mirror, dan driver seat height adjuster.

Mobil ini juga sudah disematkan beragam fitur keselamatan dan keamanan yang terbilang lengkap di kelasnya, mulai Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Emergency Stop Signal (ESS), dan dual SRS airbag.

Tak ketinggalan kamera parkir di bagian depan dan belakang, sistem pengereman ABS dan EBD, seatbelt indicator, immobilizer, ISOFIX, dan anti-theft alarm.

Baca juga: Jelang GP Styria, Motor Pedrosa Dirancang Beda dengan Pebalap KTM Lain

Toyota Avanza Veloz FaceliftKOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza Veloz Facelift

Adapun pembaruan Avanza terfokus pada konsol tengah, di mana layar infotainment kini lebih besar dan sudah menggunakan layar sentuh.

Selain itu, terdapat juga speaker sebanyak enam titik, tombol pengatur audio di lingkar kemudi, digital AC control, power slot di baris pertama dan kedua, serta USB port di baris ketiga.

Soal fitur keselamatan, Avanza telah dilengkapi dual SRS Airbag di semua tipe serta varian. Kemudian ada sabuk dengan pretensioner, ABS, ISOFIX dan sabuk pengaman tiga titik hingga baris ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com