Penggolongan SIM C Berlaku Agustus, Ini Biaya Lengkapnya

Kompas.com - 02/08/2021, 15:12 WIB
Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik. KOMPAS.com / HamzahSalah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga awal Agustus 2021, Korlantas Polri masih mempersiapkan peraturan baru mengenai penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) C untuk pengendara sepeda motor.

Penggolongan SIM C ini didasarkan pada kapasitas mesin sepeda motor yang dikendarai. Dengan kata lain, akan ada perbedaan SIM untuk pengendara skutik entry-level dengan moge.

Regulasi baru ini tertuang dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi yang sudah diteken pada 19 Februari 2021.

Baca juga: Program Tukar Tambah Motor Listrik United T1800 di Agustus 2021

 

Ilustrasi : Petugas ruang Simulator Ujian Surat Ijin Mengemudi (SIM) C atau kendaraan roda dua di Satlantas Mapolrestabes Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Ilustrasi : Petugas ruang Simulator Ujian Surat Ijin Mengemudi (SIM) C atau kendaraan roda dua di Satlantas Mapolrestabes Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Meski dalam beberapa kesempatan pihak Korlantas Polri menyebut Agustus menjadi target penerapan penggolongan SIM C, hingga saat ini belum ada tanggal pasti kapan diberlakukannya kebijakan baru tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Yusuf mengungkapkan bahwa ada beragam aspek yang harus disiapkan dalam penggolongan SIM C, khususnya pada standar operasional prosedur.

"Lagipula sekarang kan lagi PPKM, jadi diprioritaskan sosialisasi dahulu," kata Yusuf saat dikonfirmasi, Minggu (1/8/2021).

Walau demikian, ia optimis penerapan aturan baru ini akan tetap dilaksanakan sesuai target yakni Agustus 2021 meski belum bisa dipastikan detail waktunya.

Baca juga: Tarif Bus AKAP PO Murni Jaya dari Jakarta Menuju Jateng-DIY

 

Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.id Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM

Mengenai tarif pembuatan baik SIM C, CI, dan CII, telah dikonfirmasi tidak ada perbedaan. Ketiganya memiliki tarif pembuatan yang sama.

"Untuk biaya pembuatan SIM C, CI, dan CII tetap sama," kata Yusuf menambahkan.

Sesuai dengan lampiran pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak, ketiga golongan SIM C dikenakan biaya pembuatan sebesar Rp 100.000. Lantas untuk biaya perpanjangan masa berlaku sebesar Rp 75.000.

Namun biaya di atas belum termasuk biaya tambahan lainnya seperti asuransi dan pemeriksaan kesehatan. Oleh karena itu pembuatan SIM C, CI, dan CII akan memakan biaya lebih dari Rp 100.000.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.