Motor Tabrak Pejalan Kaki, Ini Pentingnya Jaga Kecepatan di Jalan Raya

Kompas.com - 02/08/2021, 15:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan raya merupakan tempat yang berbahaya, sering kali terjadi kecelakaan. Selain kecelakaan yang melibatkan kendaraan, pejalan kaki juga kerap menjadi korban dari kelalaian pengendara motor.

Misalnya seperti video yang diunggah akun Dashcam Owners Indonesia di Instagram. Pada video tersebut, sepeda motor kehilangan kendali, menghindari mobil dari arah berlawanan, namun sayangnya berakhir menabrak pejalan kaki.

Berdasarkan keterangan yang ada di unggahan tersebut, kecelakaan ini terjadi di daerah Kembangan Utara, Jakarta Barat. Korban yang ditabrak juga dikabarkan meninggal dunia.

Baca juga: Tarif Bus AKAP PO Murni Jaya dari Jakarta Menuju Jateng-DIY

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika dilihat dari video, pengendara motor melakukan kelalaian dengan memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi pada saat kondisi menikung.

“Kondisi motor kurang miring, sehingga keluar dari jalurnya dan berakibat fatal. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan pengendara yang kurang sabar dalam melakukan perjalanan,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Program Tukar Tambah Motor Listrik United T1800 di Agustus 2021

Selain tidak sabar, pengendara juga kurang keterampilan dalam menguasai kendaraan. Akibatnya, motor tidak bisa dikendalikan saat bertemu situasi yang berbahaya.

“Jika dia lebih sabar dan mengurangi kecepatan saat masuk tikungan, kejadian tersebut kemungkinan besar tidak akan terjadi,” kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.