Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memasang Antena Sirip Hiu pada Mobil

Kompas.com - 29/07/2021, 12:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan antena berbentuk sirip hiu (shark fin) di mobil kini semakin populer guna menambah kesan modern dan sporty. Selain itu, tindakan tersebut juga bisa mengoptimalkan penangkapan signal.

Lantas bagaimana cara memasangnya? Melansir laman Auto2000, hal tersebut tidak terlalu sulit hanya saja terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan.

"Total, terdapat tujuh cara memasang antena sirip hiu. Seluruhnya bisa dilakukan untuk mobil yang memiliki antena hitam panjang berbentuk fixed, meski sulit untuk dilepaskan," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

Baca juga: Pengguna Motor Wajib Paham Teknik Mengerem yang Benar

Shark Fin Anttenagoogle Shark Fin Anttena

Langkah pertama, beli produk antena sirip hiu di pasar resmi yang terpercaya. Harganya sendiri beragam, tergantung dari model dan mereknya.

Jika sudah, siapkan obeng, lap microfiber, dan spidol temporary guna memudahkan proses pelepasan antena lama dan memasang antena sirip hiu.

"Ketiga, lepaskan antena fixed yang sudah terpasang di mobil. Putar stik antena berlawanan arah jarum jam hingga dapat terpisah dari bagian dudukannya," ujar Imansyah.

"Ingat, dudukannya ini memang masih menempel di bodi mobil dan tidak perlu Anda lepaskan. Malah dudukan itu akan disambungkan dengan antena sirip hiu yang sudah dibeli," tambah dia.

Kemudian, ukur posisi antena serta cocokkan posisinya di atas mobil agar tidak miring ketika dipasang. Pastikan bahwa posisinya lurus dan imbang antara kanan dan kiri.

Baca juga: Hyundai Indonesia Produksi Mobil Listrik Mulai Tahun Depan

Antena Siriop Hiu dengan LED tanpa kabelStanly/Otomania Antena Siriop Hiu dengan LED tanpa kabel

Jika sudah yakin, bersihkan permukaan bodi mobil yang akan dipasang antena dengan lap microfiber. Kemudian gunakan spidol temporary untuk mengukur kontur bagian antena sirip hiu yang menempel pada bodi mobil.

Garis ini menjadi patokan lokasi pemasangan antena menggunakan double tape.

"Sambungkan antena, mulai dari kabel ke bagian dudukan yang masih menempel di atap mobil. Biasanya tersedia satu soket kabel yang diberi baut tambahan dalam paket pembelian," ucap Imansyah.

Kabel itu disambungkan dengan bagian dudukan antena mobil dengan cara dibaut menggunakan obeng plus. Pastikan sudah kencang agar tidak copot di tengah jalan.

Untuk memastikan apakah sudah terpasang benar atau tidak, coba hidupkan head unit dengan memainkan radio.

Baca juga: Kebiasan Pemotor di Jalan, Pakai Helm Karena Takut Ada Polisi

Shark Fin Anttena VariasiStanly Shark Fin Anttena Variasi

Sekarang lepaskan double tape yang telah dipasang untuk menempelkan antena sirip hiu. Pastikan posisi antena sama persis sesuai patokan yang dibuat menggunakan spidol.

Langkah terakhir dalam pemasangan antena sirip hiu membersihkan noda spidol yang masih ada di bagian atap mobil. Jika sudah bersih, maka antena baru sudah bisa digunakan dengan sempurna.

'Modifikasi antena sirip hiu memang menarik, tapi perlu diingat bahwa proses ini dapat menghilangkan garansi dari mobil. Jadi pikirkan sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi ini," katanya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com