Nyetir Pakai Satu Tangan Tidak Disarankan, Ini Alasannya

Kompas.com - 28/07/2021, 18:12 WIB
Ilustrasi menyetir mobil travelers.comIlustrasi menyetir mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyetir mobil bukan hanya membutuhkan konsentrasi semata, sikap yang benar pun juga harus diperhatikan agar tetap aman.

Salah satu sikap menyetir yang wajib menjadi perhatian bagi semua pengemudi mobil adalah cara memegang kemudi atau setir.

Masih sering dilakukan oleh banyak orang, menyetir mobil hanya dengan satu tangan yang memegang kemudi.

Tanpa disadari, sikap tersebut bisa menimbulkan bahaya. Ada risiko pengemudi kesulitan mengontrol mobilnya hingga hilang kendali.

Baca juga: Ini 10 Mobil Bekas Rp 30 Jutaan, Mulai Starlet sampai Lancer

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menegaskan bahwa kedua tangan harus selalu standby di setir saat mengemudi. Hal ini bertujuan agar keseimbangan kemudi tetap terjaga.

ilustrasi kursus mengemudiKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi kursus mengemudi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kedua tangan di setir bisa meredam hilangnya keseimbangan selama kendaraan bergerak. Selain itu, agar pengemudi selalu siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi di jalan,” kata Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jika hanya mengandalkan satu tangan untuk memegang setir, mobil akan lebih mudah hilang kendali terutama jika sedang melaju dalam kecepatan tinggi.

Dengan kedua tangan memegang kemudi, laju mobil bisa lebih stabil. Sikap ini juga bisa mengurangi risiko kehilangan kendali.

Baca juga: Mana Lebih Bahaya, Ban Kelebihan atau Kekurangan Tekanan Udara?

Ilustrasi memegang setir dengan kedua tanganIndriTraveller/Toyota Astra Ilustrasi memegang setir dengan kedua tangan

Sepakat dengan Sony, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan juga tidak menyarankan menyetir hanya dengan satu tangan.

“Ketika mengemudi dengan satu tangan sangat berbahaya pada kecepatan tinggi. Misalnya tangan bergeser sedikit saja pada saat kecepatan tinggi, mobil bisa berpindah jauh dari posisi awalnya,” ungkap Marcell.

Selain itu, menyetir dengan kedua tangan akan membuat distribusi beban seimbang pada kedua tangan. Tentu hal ini akan mengurangi potensi tangan pegal dan lelah. Lain halnya jika memegang setir dengan satu tangan. Bisa dipastikan tangan akan lebih cepat lelah.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.