Hyundai Indonesia Produksi Mobil Listrik Mulai Tahun Depan

Kompas.com - 28/07/2021, 16:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM) Bahlil Lahadia mengungkapkan bahwa rencana bisnis Hyundai di Indonesia akan dilakukan secara serius dan kontinyu.

Bahkan, pabrikan asal Korea Selatan tersebut menyatakan telah siap untuk memproduksi kendaraan bermotor listrik di dalam negeri dimulai pada 2022, usai pembangunan pabriknya selesai.

"Hyundai pabrik mobilnya itu hasil investasi 1,5 miliar dollar AS dan dia terus bangun sekalipun di tengah pandemi Covid-19. Insya Allah, Agustus ini groundbreaking tahap pertama untuk pabrik baterai mobil," katanya, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Siap-siap Sambut Nissan Leaf Masuk Indonesia

Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLNKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLN

Menurut Bahlil, pembangunan pabrik ini terus dilanjutkan oleh Hyundai demi mencegah kerugian yang lebih dalam jika harus menghentikan pembangunan pabriknya saat ini.

Adapun produksi mobil listriknya secara keseluruhan, dikatakan Bahlil, ditargetkan Hyundai bisa mulai terlaksana pada awal tahun depan, yakni Februari atau Maret 2022.

Menanggapi hal tersebut, pihak Hyundai Indonesia tidak menampiknya. Hanya saja belum ada informasi lebih jauh yang bisa dibagikan terkait produksi kendaraan bermotor di dalam negeri.

"Basically, untuk pembangunan pabrik di kawasan Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, masih on track," ujar Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur.

Pada pabrik tersebut, diperkirakan 150.000 unit sampai 250.000 unit mobil bisa diproduksi dalam setahun. Di sana pula, pihak Hyundai akan membuat kendaraan ramah lingkungan.

Baca juga: Hindari Pengemudi Agresif di Jalan Demi Keselamatan

Launching Hyundai Ioniq dan Kona Electric, Jumat (6/11/2020)KOMPAS.com/Ruly Launching Hyundai Ioniq dan Kona Electric, Jumat (6/11/2020)

Kabar ini diperkuat oleh pernyataan COO Hyundai Motor Asia Pacific, Lee Kang Hyun beberapa waktu lalu. Ia bahkan mengatakan selama 2021-2022 akan ada tiga model yang dilahirkan di pabrik terkait.

"Tahun ini kira-kira bulan Mei sudah mulai pilot production dan akhir tahun meluncurkan 1 model ICE (Internal Combustion Engine) dahulu. Lalu tahun depan dua model ICE,” kata dia akhir tahun lalu.

"Kami juga memiliki rencana mengeluarkan mobil listrik, mungkin sekitar Maret tahun depan. Iya, CKD (completely knocked down) di Indonesia," lanjut Lee.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.