3 Penyebab Bagian Luar Sepatu Pebalap Cepat Rusak

Kompas.com - 28/07/2021, 17:41 WIB
Pebalap Astra Honda Racing Team, Gerry Salim, memacu motor pada balapan pertama AP250 seri kelima ARRC 2017 di Sirkuit Madras, Chennai, India, Sabtu (23/9/2017). Astra Honda Racing TeamPebalap Astra Honda Racing Team, Gerry Salim, memacu motor pada balapan pertama AP250 seri kelima ARRC 2017 di Sirkuit Madras, Chennai, India, Sabtu (23/9/2017).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Buat yang gemar menonton balap sepeda motor, pasti pernah melihat bahwa bagian ujung luar sepatu pebalap biasanya terkikis karena tergerus aspal saat belok.

Bahkan di beberapa kasus sepatu balap cepat rusak di bagian sisi luarnya. Padahal di bagian tersebut sudah ada protektor berbahan metal. Adapun bagian yang lain kondisinya terbilang bagus.

Hal tersebut rupanya terjadi karena beberapa faktor. Dalam postingan Astra Honda Racing Team (AHRT), setidaknya ada tiga faktor yang membuat sepatu para pebalap cepat terkikis di bagian luar.

Baca juga: Jubah Baru Suzuki GSX-R1000R

Pebalap Satu Hati Honda Team Asia, Dimas Ekky, bakal turun dalam ajang Suzuka 8 Hours di Sirkuit Suzuka, Jepang.Suzuka Circuit Pebalap Satu Hati Honda Team Asia, Dimas Ekky, bakal turun dalam ajang Suzuka 8 Hours di Sirkuit Suzuka, Jepang.

1. Gaya balap

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gaya pebalap dalam menikung. Ada pebalap yang tidak jinjit di footstep saat menikung, sehingga potensi tepi luar tergores aspal sangat tinggi.

2. Posisi footstep

Terutama untuk jenis motor balap underbone yang mana posisi pijakan kakinya tidak terlalu tinggi sehingga potensi sisi luar sepatu tergerus aspal, lebih besar.

Pada motor balap jenis sport, relatif lebih kecil potensinya tepi luar tergerus aspal saat menikung dibanding dengan jenis underbone.

3. Trek pendek

Di balap underbone yang sirkuitnya pendek-pendek, terutama pada tikungan ke kanan, kaki pebalap perlu sedikit injak rem belakang.

Hal tersebut menyebabkan kaki kanan pebalap tidak full jinjit di footstep. Maka, bagian tepi luar sepatu kanan lebih cepat rusak dibanding bagian lainnya.

Untuk jenis sport atau balap di sirkuit yang fastcorner atau bisa dilakukan rolling speed, pebalap bisa jinjit di footstep sehingga bisa lebih terhindar dari gesekan aspal saat menikung.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.