Adu Desain Toyota Raize dan Toyota Rush, Mana Lebih Gagah?

Kompas.com - 27/07/2021, 14:41 WIB
Ilustrasi tampilan depan Toyota Rush TAMIlustrasi tampilan depan Toyota Rush
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini kendaraan bermotor berjenis sport utility vehicle (SUV) makin populer. Hal ini seiring dengan keunggulannya yang bisa menaklukkan beragam medan jalan dan berkapasitas cukup besar.

Apalagi harga yang ditawarkan mobil terkait masih dapat dijangkau oleh sebagian banyak masyarakat Indonesia, yakni mulai Rp 200 jutaan, tidak kalah dengan kendaraan keluarga 7-penumpang.

Salah satu produk SUV berharga terjangkau yang cukup laris di pasaran adalah Toyota Rush dan Toyota Raize yang sekaligus sebagai pendatang baru bersama Daihatsu Rocky.

Baca juga: Mengenal Fitur Trip Meter dan Fungsinya di Mobil

Toyota Rush di GIIAS 2019Kompas.com Toyota Rush di GIIAS 2019

Bila dilihat sekilas, mobil nampak serupa dengan beberapa persamaan dan perbedaan. Harga pasarannya pun tak terpaut jauh, meski dalam penggunaannya ada sedikit klasifikasi khusus.

Secara dimensi, Rush lebih besar dengan tinggi 1.705 mm, panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan jarak sumbu roda 2.685 mm.

Sementara Raize memiliki tinggi ialah 1.636 mm, panjang 4.030 mm, lebar 2.525 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm.

Lalu untuk desainnya, Rush nampak lebih agresif dengan ukuran grill serta rumah lampu kabut berukuran besar dibalut warna hitam. Mobil yang menggunakan platform Grand New Avanza ini juga punya lekukan tajam di kap mesinnya.

Baca juga: Antisipasi Mobil Terbakar, Pastikan APAR Mudah Dijangkau Pengemudi

Toyota RaizeDok. Toyota Toyota Raize

Melihat bagian sampingnya, lekukan khas mobil gagah tambah terasa apalagi terdapat roof rail di atapnya. Pelek 16 inci dengan ukuran ban 215/65 dipercayakan untuk menambah sisi dinamis pada Rush.

Tanpa konde alias ban cadangan yang menempel di pintu belakang, kini tampilan Rush menjadi makin klimis. Membuka pintu belakang naikkan tuas ke atas, pada model sebelumnya ke samping.

Adapun Raize tampil lebih minimalis dan modern, menggunakan platform terbaru yakni Toyota New Global Architecture (TNGA). Ukurannya yang lebih mungil, membuat mobil memiliki pesona tersendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.