Aturan Baru Berkendara di Wilayah PPKM Level 1-4

Kompas.com - 27/07/2021, 12:21 WIB
Salah satu ruas jalan tol di Jabodetabek PT Jasa Marga Salah satu ruas jalan tol di Jabodetabek

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19, resmi mengeluarkan aturan baru soal ketentuan perjalanan orang dalam negeri di masa perpanjangan PPKM Level 1-4 di Jawa dan Bali.

Aturan ini tertuang pada Surat Edaran (SE) Nomor 16 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang sekaligus menggantikan SE 14 sebelumnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, penerbitan SE 16 dikarenakan angka positif harian belum menunjukkan penurunan signifikan, begitu juga tingkat kepatuhan protokol kesehatan masyarakat yang masih rendah.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Pintu Keluar Ruas Tol Gempol-Pasuruan Masih Disekat

"Pembatasan aktivitas perjalanan masyarakat dilakukan dalam rangka menekan angka penularan Covid-19," ucap Wiku dalam keterangan resminya, Selasa (27/7/2021).

Warga mengendarai motor melintasi di Pos Penyekatan Mobilitas Masyarakat pada PPKM Darurat di Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (20/7/2021). Mobilitas warga di kawasan aglomerasi terpantau lebih rendah dibandingkan di hari biasa masa PPKM Darurat menyusul himbauan Menteri Agama untuk membatasi aktivitas warga untuk bepergian atau mudik pada Hari Raya Idul Adha. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso Warga mengendarai motor melintasi di Pos Penyekatan Mobilitas Masyarakat pada PPKM Darurat di Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (20/7/2021). Mobilitas warga di kawasan aglomerasi terpantau lebih rendah dibandingkan di hari biasa masa PPKM Darurat menyusul himbauan Menteri Agama untuk membatasi aktivitas warga untuk bepergian atau mudik pada Hari Raya Idul Adha. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.

Dalam aturan terbaru, dijelaskan syarat bagi pelaku perjalanan darat, baik yang akan pergi menggunakan transportasi pribadi layakannya mobil atau sepeda motor, serta angkutan umum berdasarkan level wilayah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk kategori level 3 dan 4 perjalanan antar kota atau jarak jauh, pengguna kendaraan pribadi atau umum, tetap wajib menunjukan kartu vaksin minimal dosis awal.

Hasil negatif dari tes PCR maskimal 2x24 jam atau antigen 1x24 jam sebelum keberangkatan, juga tetap harus dilampirkan sebagai syarat perjalanan.

Beberapa wilayah yang masuk dalam kategori PPKM Level 3-4 antara lain, Banten, Tangerang Selatan, Serang, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, DKI Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Malang, dan lainnya.

Sementara untuk wilayah PPKM Level 2 dan 1, aturan untuk moda transportasi darat juga demikian. Wajib menunjukkan hasil negatif dari PCR atau antigen, namun tak ada ketentuan soal kartu vaksin sebagi syarat perjalanan.

Baca juga: Imbas PPKM Darurat, Lintas Jalan Tol Akses Jabotabek Turun 40 Persen

Penyekatan di JTTS Hutama karya Penyekatan di JTTS

Berdasarkan SE 16, untuk jenis perjalanan rutin anatar wilayah kawasan aglomerasi layaknya Jabodetabek, pengguna kendaraan pribadi atau transpotasi umum perjalanan darat tidak diwajibkan membawa hasil negatif PCR atau antigen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.