Ganjil-Genap Kota Bogor Diperluas, Kini Berlaku Sepekan Penuih

Kompas.com - 26/07/2021, 08:22 WIB
Arus lalu lintas di Jalan Raya Pajajaran arah Jalan Otista, Kota Bogor, Jawa Barat, mengalami kepadatan imbas diberlakukannya sistem ganjil genap di seputar Istana Kepresidenan Bogor atau jalur sistem satu arah (SSA), Sabtu (1/5/2021). KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAHArus lalu lintas di Jalan Raya Pajajaran arah Jalan Otista, Kota Bogor, Jawa Barat, mengalami kepadatan imbas diberlakukannya sistem ganjil genap di seputar Istana Kepresidenan Bogor atau jalur sistem satu arah (SSA), Sabtu (1/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor memutuskan untuk memperluas pelaksanaan kebijakan pembatasan kendaraan bermotor pribadi lewat skema ganjil-genap selama sepekan penuh.

Artinya, aturan pembatasan kendaraan mobil pribadi ini berlaku juga pada hari kerja sejak Senin sampai Minggu atau tujuh hari dalam sepekan.

Diungkapkan Kapolresta Bogor Kota yang juga menjabat sebagai wakil ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, aturan itu berlaku mulai Senin (26/7/2021) hingga Minggu (1/8/2021).

"Kami akan memperpanjang sistem ganjil-genap yang saat ini pada hari kerja, tidak hanya weekend saja mulai Senin besok," ujarnya di keterangan tertulis, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Wujud Kepedulian Pengusaha Truk Selama Masa PPKM di Jawa Tengah

Ganjil genap Kota BogorKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ganjil genap Kota Bogor

Adapun selama pelaksanaan pembatasan kendaraan tersebut, tetap diberlakukan penyekatan di 17 lokasi, yakni secara situasional selama 24 jam tapi polanya diubah dari melarang jadi mengatur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara pola untuk pelaksanaan ganjil-genap diubah dari melarang menjadi mengatur, yakni mengingatkan masyarakat untuk menahan diri satu hari tidak keluar rumah.

"Ada empat pola yang diterapkan nanti, lebih persuasif kepada masyarakat, pengendara kendaraan bermotor. Harapannya, bisa menekan penyebaran Covid-19," kata Susayo.

Lebih jauh, untuk alasan ganjil-genap diberlakukan pada hari kerja, ia menyatakan bahwa hal tersebut berdasarkan evaluasi kebijakan terkait sangat efektif menekan mobilitas masyarakat.

Ganjil genap juga jadi pilihan karena ada pengecualian-pengecualian bagi kendaraan tertentu yang akan melintas, termasuk angkutan online, angkot hingga pengantar logistik.

Baca juga: 90 Persen Produk Yamaha Bertenaga Listrik pada 2050

Ganjil genap Kota BogorKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ganjil genap Kota Bogor

"Ada 16 titik sekat dan beberapa titik-titik checkpoint kami memiliki tiga pola, apakah itu dilakukan di batas kota, apakah dalam kota, tentunya situasional berdasarkan evaluasi kami dan ganjil genap akan berlaku 24 jam,” jelasnya.

Titik checkpoint selama PPKM Level 4 tersebut di Jembatan Merah, Empang (satu arah dari BTM), Baranangsiang, Mcd Lodaya, Simpang Denpom, Warung Jambu, danSPBU Vivo Air Mancur.

Kemudian, di ex Bale Binarum, Underpass Solis, Tol BORR, SPBU Veteran, Salabenda, Ciawi, Darmaga, Yasmin dan Brimob Kedung Halang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.