Sering Terjadi meskipun Salah, Dua Pengendara Motor Ngobrol di Jalan

Kompas.com - 26/07/2021, 07:22 WIB
Dua pengendara motor ngobrol sambil mengendarai motor INSTAGRAM/DASHCAMINDONESIADua pengendara motor ngobrol sambil mengendarai motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi lalu lintas di Indonesia bisa dibilang ajaib, kata sebagian orang. Bukan kejadian jarang melihat dua pengendara motor yang mengobrol sambil berjalan berdampingan di jalan umum.

Padahal, dua pengendara tadi bisa saja berhenti dahulu di pinggir jalan dan melanjutkan ngobrol. Namun, meski harus teriak-teriak, tampaknya mengobrol sambil mengendarai motor masih jadi pilihan beberapa pengendara motor di Indonesia.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, mengendarai kendaraan adalah pekerjaan multi tugas (multitasking) dan sering terjadi kecelakaan.

Baca juga: Marak Pencurian Sepeda Motor, Ini 4 Cara Bikin Sulit Maling Beraksi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jika mereka tetap mengobrol sambil berkendara, berarti mereka tidak paham soal bahaya, risiko, dan aturan di jalan raya,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Minggu (25/7/2021).

Jusri mengatakan, ada tiga kemungkinan mengapa masih banyak pengendara yang mengobrol di tengah jalan. Pertama, karena memang tidak tahu bahayanya; kedua, mereka tahu tapi tidak paham; dan ketiga, karena bebal.

Baca juga: Modal Rp 30 Juta, Tampilan Toyota Fortuner Berubah Jadi Legender

“Jadi karena rutin mengendarai motor, belum pernah merasakan kecelakaan fatal, sehingga mengendarai sambil mengobrol ini masih dilakukan,” kata Jusri.

Selain itu, jangan menganggap enteng mengobrol sambil berkendara ini karena bisa mencelakakan pengguna jalan lain. Misalnya dia kehilangan kendali karena sambil mengobrol lalu menabrak orang lain.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.