Daftar Fitur Keamanan yang Wajib Ada di Sirkuit MotoGP

Kompas.com - 25/07/2021, 15:21 WIB
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP) RONNY HARTMANNMarc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan rahasia umum lagi bila para pebalap MotoGP dibekali dengan peralatan berkendara terbaik guna mengantisipasi alami cedera parah saat terjadi kecelakaan.

Meski begitu, fitur keamanan pada sirkuit juga tidak boleh dilupakan. Sebab, fitur-fitur keamanan tersebut juga dapat menyelamatkan nyawa pebalap.

Dikutip dari BoxRepsol.com, ada beberapa fitur keamanan pada sirkuit yang dapat membuat jalannya balapan MotoGP menjadi lebih aman.

Berikut daftarnya:

Baca juga: Daftar Harga BBM Pertamina, Shell dan Vivo per Juli 2021

1. Marshal

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marshal akan diberikan pos untuk memantau jalannya balapan. Kehadiran marshal tidak hanya untuk memastikan regulasi berjalan dengan baik, namun juga harus memerhatikan setiap seksi pada trek untuk mengevaluasi kondisi ideal untuk balapan.

Jika kondisi kurang baik, marshal akan melapor pada Race Director atau memberi tahu langsung pada pebalap melalui kode pada bendera yang dikibarkan.

Dengan mengibarkan bendera, marshal juga dapat menginformasi pebalap apakah ada masalah teknis pada motor atau pebalap tersebut didiskualifikasi. Marshal juga jadi yang pertama menolong pebalap yang mengalami insiden.

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, menyaksikan para marshal di Sirkuit Twin Ring Motegi berusaha mengangkat motornya setelah ia mengalami crash di pagelaran MotoGP Jepang 2019, Minggu (20/10/2019).TWITTER.com/MotoGP Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, menyaksikan para marshal di Sirkuit Twin Ring Motegi berusaha mengangkat motornya setelah ia mengalami crash di pagelaran MotoGP Jepang 2019, Minggu (20/10/2019).

2. Airfrence

Pagar yang terbuat dari balon dengan bahan khusus ini juga dinilai sangat ampuh dalam menyelamatkan pebalap yang mengalami insiden kecelakaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.