Kompas.com - 23/07/2021, 12:42 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Bukan sekali dua kali pabrikan sepeda motor asal China mencontek desain merek lain. Kali ini yang jadi korban ialah motor asal Swedia, Husqvarna Svartpilen.

Motor tersebut adalah Feiken TT25. Melihat desainnya dapat dikatakan FK Motors sebagai produsen roda dua tidak memahami perbedaan antara terinspirasi dengan meniru.

Baca juga: Pentingnya Jaga Jarak Aman dan Kecepatan di Jalan Tol

Feiken TT25 menitu desain Husqvarna SvartpilenFoto: Rushlane Feiken TT25 menitu desain Husqvarna Svartpilen

Motor mengadopsi gaya neo retro scrambler. Lampu depan bulat kemudian tangki mengotak dan menyatu dengan jok. Bagian belakangnya pendek dengan bentuk ala buntut tawon.

Mengutip Rushlane, suspensi depan upside down. Pelek depan belakang pakai model palang warna hitam dipadu ban tapak kasar. Suspensi belakangnya monoshock dengan lengan ayun tunggal.

Feiken TT25 menitu desain Husqvarna SvartpilenFoto: Rushlane Feiken TT25 menitu desain Husqvarna Svartpilen

Harus diakui lengan ayun tunggal itersebut membuat tampilannya lebih segar sebab motor yang ditiru yaitu Husqvarna Svartpilen masih pakai model ganda.

Fitur lainnya yang sedikit menyita perhatian ialah pakai knalpot underbelly. Meski lebih sleek tapi sebetulnya bertabrakan dengan konsep ala scrambler yang "begajulan."

Baca juga: Update Orang yang Tiduran di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Ditangkap

Aksen emas pada mesin juga terlihat familiar dengan "Husky." Bedanya pada Feiken TT250 hampir seluruh mesinnya dicat emas.

Feiken TT25 menitu desain Husqvarna SvartpilenFoto: Rushlane Feiken TT25 menitu desain Husqvarna Svartpilen

Spesifikasi Feiken TT250 mengusung mesin 249cc, berpendingin cairan yang mampu menghasilkan 28 tk pada 9.750 rpm dan torsi 21,7 Nm pada 7.500 rpm.

Sebagai perbandingan, Husqvarna Svartpilen 250 menggunakan mesin berkapasitas 248,8 cc yang menghasilkan tenaga 31 tk dan torsi puncak 24 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.