Imbas Rocky Pamor Sirion Redup, Begini Kata Daihatsu

Kompas.com - 23/07/2021, 10:02 WIB
Daihatsu Sirion AT KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Sirion AT

JAKARTA, KOMPAS.com - Meluncur pada akhir April 2021, Daihatsu Rocky langsung mendapatkan animo positif. Apalagi mengambil momen pemberian stimulus relaksasi PPnBM 0 persen yang saat ini berlangsung sampai Agustus 2021.

Tak heran bila Rocky juga langsung tancap gas memberikan kontribusi bagi penjualan Daihatsu di semester awal 2021. Total untuk retail mencapai 838 unit, sementara untuk wholesales sebesar 4.642 unit.

Namun demikian, tak bisa dipungkiri kehadiran Rocky menggangu performa produk Daihatsu lainnya, terutama yang sama-sama bermain di segmen lima penumpang, yakni city car Sirion.

Baca juga: Toyota, Suzuki, dan Daihatsu Kerja Sama Bikin Mobil Listrik Komersial

Rocky 1.0 R TC CVT ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Rocky 1.0 R TC CVT ADS

Walau beda genre, tapi kesamaan dalam hal kapasitas jumlah penumpang, ditambah harga yang sangat bersenggolan, membuat keduanya diam-diam harus berkompetisi.

Lantas apakah benar pamor Sirion redup imbas kehadiran Rocky ? menjawab hal ini Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, keduanya memang bersinggungan, tapi secara persentase sangat kecil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Segmen keduanya berbeda, tapi memang benar ada singgungan kecil karena berdasarkan data survei sebelum Rocky meluncur itu sekitar 10 sampai 15 persen. Saat ini secara volume Sirion tidak terlalu besar, sehingga angka singgungan tak terlalu kelihatan," kata Amel dalam konferensi media beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kemenhub Tegaskan Aturan Perjalanan Darat Berlaku sampai 25 Juli 2021

Daihatsu Sirion ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Sirion AT

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), juga mengungkapkan hal senada.

Antara Rocky dan Sirion memang dari segi bentuk berbeda, tapi harga serta kapasitas penumpang bisa bersinggungan.

Namun demikian, Hendrayadi optimis keduanya memiliki konsumen yang berbeda lantaran karakternya juga beda. Belum tentu orang yang menyukai SUV pindah ke city car, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Dua Bulan Mengaspal, Rocky Banyak Digemari Orang Kaya

Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASAKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASA

"Akan sedikit beda kasusnya seperti Xenia dan Terios, meski MPV dan SUV, tapi sama-sama 7 penumpang. Karena bentuknya mirip-mirip, waktu itu sempat ada yang pindah-pindah. Tapi kalau Sirion dan Rocky, meski 5 penumpang dan harga hampir sama secara karakter beda, dan ini dua segmen yang beda juga," ucap Hendrayadi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.