Merasakan Torsi Liar Fin Komodo Bledhex di Habitatnya

Kompas.com - 23/07/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selesai dengan urusan tampilan luar-dalam, giliran membahas performa Fin Komodo Bledhex yang lahir sebagai varian bertenaga listrik karya PT Fin Komodo Teknologi asal Cimahi, Jawa Barat.

Seperti diketahui, Fin Komodo sendiri memang sudah terkenal sebagai kendaraan multiguna yang mempuni melibas medan off-road. Pada pengembangannya, Bledhex sendiri mengusung konsep yang sama dengan versi konvensionalnya.

Karena itu, saat redaksi menjajal langsung performanya di medan tanah yang cukup terjal dan merupakan habitat aslinya, tak ada masalah apapun bagi Fin Komodo Bledhex.

Baca juga: Potensi dan Tantangan Indonesia Menerjang Era Kendaraan Listrik

Bicara soal "jeroan", Bledhex dibekali konfigurasi mid-rear motor dengan penggerak roda belakang. Tipe motor menggunakan Permanet Magnet Synchronous yang menghasilkan tenaga sebesar 24 Kw atau setara 32,1 tk dan torsi 70 Nm yang diletakan pada belakang kabin.

Fin Komodo BledhexKOMPAS.com/SETYO ADI Fin Komodo Bledhex

Baterainya menggunakan tipe lithium-ion dengan kapasitas 21 kWh. Untuk pengisian sampai penuh, membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam dan bisa membawa Bledhex menempuh perjalanan sejauh 150 km.

Olahan daya, di transfer melalui sistem transmisi single speed reduction gear dengan pilihan Hi-Low-Reverse. Pengoperasiannya pun cukup sederhana, apalagi bagi yang biasa membawa mobil matik.

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, menantang Bledhex di jalan tanah perbukitan bukan lah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun bagi yang baru pertama kali mengendarai Fin Komodo, lebih baik beradaptasi lebih dulu.

Fin Komodo Bledhex jadi model terbaru dari PT Fin Komodo. Mobil segala medan dengan motor listrik ini dicoba Kompas.com di kawasan Cimahi Jawa Barat Fin Komodo Bledhex jadi model terbaru dari PT Fin Komodo. Mobil segala medan dengan motor listrik ini dicoba Kompas.com di kawasan Cimahi Jawa Barat

Apalagi mengingat Bledhex dibekali tenaga listrik yang harus diakui torsinya cukup besar dari putaran bawah. Hal ini memang menjadi salah satu karakter kendaraan listik, dimana sisi responsif sudah instan, bahkan hening tanpa suara.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Fin Komodo Bertenaga Listrik Karya Anak Bangsa


Bila tak biasa dengan torsi liar, siap-siap bakal dibuat kaget. Tanpa harus banyak aba-aba, ketika pedal gas diinjak dari posisi diam, Bledhex langsung meluncur dengan mulus meski di permukaan jalan tanah dan bebatuan.

Melibas beberapa gundukan, tak menjadi masalah bagi Bledhex. Selain karena ground clearance yang tinggi, rancang bangun karakternya memang dibuat untuk bermain di medan kasar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.