Toyota Agya Pakai EPS, Apa Masih Perlu Ganti Oli Power Steering

Kompas.com - 21/07/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi komunitas Toyota Agya Club (TAC) Dok. TACIlustrasi komunitas Toyota Agya Club (TAC)

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti halnya mobil-mobil keluaran baru, Toyota Agya jadi salah satu model yang menggunakan sistem electric power steering (EPS).

Untuk meringankan beban kerja tangan saat memutar setir, sistem kemudi mobil memanfaatkan motor elektrik, bukan lagi pompa hidrolis.

Artinya, pemilik Agya tidak perlu repot mencari letak reservoir dan lubang pembuangan untuk oli power steering. Seperti yang beberapa kali ditanyakan para pemilik Agya di media sosial.

Baca juga: Jeep Indonesia Tarik Grand Cherokee yang Terlibat Kecelakaan Fatal

Salah satu pemilik Toyota Agya menanyakan perihal power steering pada mobilnya.Screenshot Facebook Agya Ayla Owners Community Salah satu pemilik Toyota Agya menanyakan perihal power steering pada mobilnya.

Rony Malau, Humas Toyota Agya Club (TAC), mengatakan, Agya sudah menggunakan EPS sehingga tidak diperlukan penggantian oli power steering.

“Pemilik Agya itu kebanyakan konsumen mobil pertama, ada juga taksi online, jadi banyak yang hanya pakai saja, tapi jarang merawat mobil,” ujar Rony, kepada Kompas.com (20/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Rony, perawatan EPS pada Agya termasuk gampang dan minim perbaikan. Salah satunya karena tidak diperlukan penggantian oli rutin.

Baca juga: Mengenal Microbus, Berukuran Lebih Kecil dari Medium Bus

Ilustrasi Elektrik Power SteeringGUIDEAUTOWEB.com Ilustrasi Elektrik Power Steering

“Cukup jaga kondisi karet rack steer, jangan sampai robek atau rusak yang mengakibatkan setir jadi berat dan bunyi ketika belok,” ucap Rony.

“Selain itu juga hindari jalan rusak, hindari banjir agar poros rack steer dan boot rack steer aman. Karena kalai lewat banjir bisa menyebabkan motor listrik EPS rusak,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.