Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Agya Pakai EPS, Apa Masih Perlu Ganti Oli Power Steering

Kompas.com - 21/07/2021, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti halnya mobil-mobil keluaran baru, Toyota Agya jadi salah satu model yang menggunakan sistem electric power steering (EPS).

Untuk meringankan beban kerja tangan saat memutar setir, sistem kemudi mobil memanfaatkan motor elektrik, bukan lagi pompa hidrolis.

Artinya, pemilik Agya tidak perlu repot mencari letak reservoir dan lubang pembuangan untuk oli power steering. Seperti yang beberapa kali ditanyakan para pemilik Agya di media sosial.

Baca juga: Jeep Indonesia Tarik Grand Cherokee yang Terlibat Kecelakaan Fatal

Salah satu pemilik Toyota Agya menanyakan perihal power steering pada mobilnya.Screenshot Facebook Agya Ayla Owners Community Salah satu pemilik Toyota Agya menanyakan perihal power steering pada mobilnya.

Rony Malau, Humas Toyota Agya Club (TAC), mengatakan, Agya sudah menggunakan EPS sehingga tidak diperlukan penggantian oli power steering.

“Pemilik Agya itu kebanyakan konsumen mobil pertama, ada juga taksi online, jadi banyak yang hanya pakai saja, tapi jarang merawat mobil,” ujar Rony, kepada Kompas.com (20/7/2021).

Menurut Rony, perawatan EPS pada Agya termasuk gampang dan minim perbaikan. Salah satunya karena tidak diperlukan penggantian oli rutin.

Baca juga: Mengenal Microbus, Berukuran Lebih Kecil dari Medium Bus

Ilustrasi Elektrik Power SteeringGUIDEAUTOWEB.com Ilustrasi Elektrik Power Steering

“Cukup jaga kondisi karet rack steer, jangan sampai robek atau rusak yang mengakibatkan setir jadi berat dan bunyi ketika belok,” ucap Rony.

“Selain itu juga hindari jalan rusak, hindari banjir agar poros rack steer dan boot rack steer aman. Karena kalai lewat banjir bisa menyebabkan motor listrik EPS rusak,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com