Salin Artikel

Toyota Agya Pakai EPS, Apa Masih Perlu Ganti Oli Power Steering

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti halnya mobil-mobil keluaran baru, Toyota Agya jadi salah satu model yang menggunakan sistem electric power steering (EPS).

Untuk meringankan beban kerja tangan saat memutar setir, sistem kemudi mobil memanfaatkan motor elektrik, bukan lagi pompa hidrolis.

Artinya, pemilik Agya tidak perlu repot mencari letak reservoir dan lubang pembuangan untuk oli power steering. Seperti yang beberapa kali ditanyakan para pemilik Agya di media sosial.

Rony Malau, Humas Toyota Agya Club (TAC), mengatakan, Agya sudah menggunakan EPS sehingga tidak diperlukan penggantian oli power steering.

“Pemilik Agya itu kebanyakan konsumen mobil pertama, ada juga taksi online, jadi banyak yang hanya pakai saja, tapi jarang merawat mobil,” ujar Rony, kepada Kompas.com (20/7/2021).

Menurut Rony, perawatan EPS pada Agya termasuk gampang dan minim perbaikan. Salah satunya karena tidak diperlukan penggantian oli rutin.

“Cukup jaga kondisi karet rack steer, jangan sampai robek atau rusak yang mengakibatkan setir jadi berat dan bunyi ketika belok,” ucap Rony.

“Selain itu juga hindari jalan rusak, hindari banjir agar poros rack steer dan boot rack steer aman. Karena kalai lewat banjir bisa menyebabkan motor listrik EPS rusak,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/21/100200015/toyota-agya-pakai-eps-apa-masih-perlu-ganti-oli-power-steering

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.