Mau Beli Pelek Original, Jangan Sampai Tertipu Barang Palsu

Kompas.com - 20/07/2021, 09:42 WIB
Macam-macam pelek mobil KOMPAS.com/Aprida Mega NandaMacam-macam pelek mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti pelek merupakan langkah awal yang bisa dilakukan ketika memodifikasi mobil. Dengan mengubah pelek saja, tampilan mobil bisa berubah total.

Ketika mau membeli pelek, harus lebih hati-hati dalam memilih produk. Jangan sampai tertipu penjual yang menawarkan pelek replika atau palsu, namun mengaku original dengan harga yang mahal.

Pelek replika sendiri sebenarnya dibuat mirip dengan versi original, namun dengan harga yang jauh lebih murah. Namun ada saja pedagang yang tidak jujur karena menjual pelek replika namun mengaku original.

Baca juga: Kerja Sama Mobil Listrik, Honda Terbuka untuk Membentuk Aliansi Baru

Pilihan pelek mobil replikaDOK. OTTOBAN INDONESIA Pilihan pelek mobil replika

Kevin Sulaeman, Chief Operation Officer Ottoban Indonesia akan memberikan tips bagaimana agar tidak tertipu ketika membeli pelek. Pertama, pembeli bisa mengecek lewat internet bagaimana bentuk pelek original yang diinginkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Yang pasti customer harus cek dulu secara online, baik merek atau modelnya apa yang diinginkan,” ucap Kevin kepada Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Kemudian ketika melihat peleknya secara langsung dan ternyata berbeda, bisa jadi pelek tersebut bukan original. Tips kedua adalah soal toko, menurut Kevin, pelek yang original tentu bisa didapatkan di berbagai toko pelek dan ban terpercaya.

Baca juga: Ini Efek Buruk Sering Gantung Helm di Spion Motor

“Misalnya pelek merek SSW itu jaringan dilernya banyak. Tapi kalau hanya dijual di satu toko itu saja, bisa juga dibilang bukan original,” kata Kevin.

Jangan sampai sudah mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli pelek original malah tertipu penjualnya. Mengingat harga pelek replika yang jauh lebih murah, tentu saja yang dirugikan tetap pembeli.

Pelek replika juga sebenarnya tetap bagus kualitasnya, terutama yang sudah lolos Standar Nasional Indonesia (SNI). Namun jangan sampai membeli pelek replika dengan embel-embel original dengan harga yang lebih mahal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X