Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Cuma Aki, Ini Kemungkinan Lain Mesin Mobil Susah Nyala

Kompas.com - 20/07/2021, 09:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mesin mobil sulit untuk distarter atau dinyalakan, aki jadi komponen yang kerap dikambinghitamkan. Padahal selain aki, masih ada komponen lain yang berperan dalam proses menstarter mesin mobil.

Dengan perawatan yang benar dan pemakaian wajar, aki mobil memiliki usia pakai hingga lebih dari satu tahun. 

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan bahwa aki memang bisa jadi salah satu penyebab saat mobil susah distarter, tapi bukan satu-satunya alasan.

Baca juga: Jokowi Bilang Jalan Masih Ramai, Ini Tanggapan Korlantas Polri

Cek busi mobilwww.amazon.ca Cek busi mobil

“Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti dari pengapian hingga ketersediaan bahan bakarnya,” kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Apabila penyebabnya ada pada pengapian, Didi mengungkapkan bisa saja dari kondisi businya yang sudah tidak layak pakai dan harus segera diganti.

“Untuk usia pemakaian busi yang tipe biasa berkisar 20.000 kilometer, kalau yang tipe iridium bisa lebih lama sampai 100.000 kilometer," katanya lebih lanjut.

Selain busi, penyebab lain mobil sulit distarter bisa juga dari kondisi koil ataupun masalah pada perangkat Electronic Control Unit (ECU) mobil.

Baca juga: Arti Kode Lampu Sein yang Digunakan Bus Malam di Trans-Jawa

Dinamo ampere atau alternator pada mobil saat terjadi kerusakan dapat menimbulkan masalah kelistrikan.Setyo Adi/Otomania Dinamo ampere atau alternator pada mobil saat terjadi kerusakan dapat menimbulkan masalah kelistrikan.

“Selain busi, koilnya juga bisa atau bahkan ECUnya juga bisa menjadi penyebab mobil susah hidup. Jadi harus dilakukan pengecekan untuk memastikan penyebabnya secara pasti,” ungkap Didi.

Pada kesempatan yang berbeda, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan bahwa mobil susah distarter bisa juga disebabkan oleh dinamo starter atau dinamo ampere.

Ia menjelaskan apabila dinamo ampere rusak, maka akan berdampak pada suplai daya ke aki jadi tidak maksimal meskipun aki masih dalam kondisi bagus. Jika dibiarkan, aki lama-lama akan ikut rusak juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com