Di rumah Saja, Begini Cara Mudah Merawat Standar Sepeda Motor

Kompas.com - 15/07/2021, 18:41 WIB
Ilustrasi standar samping Stanly/KompasOtomotifIlustrasi standar samping


JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang sudah diberlakukan sejak 3 hingga 20 Juli 2021, mengharuskan masyarakat untuk tetap berada di rumah guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kondisi tersebut bisa dimanfaatkan oleh pemilik mobil untuk memanjakan kendaraannya dengan melakukan perawatan di rumah.

Salah satunya bagian sepeda motor yang kerap diabaikan perawatannya adalah standar, padahal komponen ini memiliki fungsi cukup penting yaitu sebagai penopang motor ketika sedang berhenti.

Baca juga: Viral, Video Sultan Naik Ninja H2 Bagi-bagi Uang di Lampu Merah

Standar yang tidak terawat akan terasa seret ketika ingin dipasang atau dikembalikan lagi ke posisi awalnya.

Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta Gofur mengatakan, merawat standar motor sebetulnya tidak perlu tindakan khusus. Biasanya ketika servis, standar turut dilumasi sebagai perawatannya.

Ilustrasi merawat standar tengah pada sepeda motorDok. DAM Ilustrasi merawat standar tengah pada sepeda motor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Perawatannya cukup dengan memberi pelumas pada standar samping atau tengah. Kecuali ketika pemilik mengeluh standarnya seret, baru dilakukan pembongkaran dan diberi pelumas pada standar,” ucap Gofur beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Gofur menyarakan, sebaiknya pemilik sepeda motor melakukan pembokoran standar maksimal dua tahun sekali. Sebab, ketika dibongkar, pelumasan bisa sampai ke asnya, jadi tidak mudah seret.

Baca juga: Update PPKM Darurat, Polisi Menambah Titik Penyekatan di Tangsel

“Pelumasan yang bisa digunakan seperti oli, gemuk (grease) bisa juga dengan cairan anti karat,” kata dia.

Menurut Gofur, untuk per standar juga sebetulnya jarang rusak, selama tidak terkena panas las atau karat yang bertahun-tahun.

“Untuk perawatannya, per bisa sesekali disemprot dengan cairan anti karat,” kata Gofur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.