Mobil Parkir Selama PPKM Darurat, Jangan Lupa Cek Kondisi Wiper

Kompas.com - 14/07/2021, 17:41 WIB
Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade boschBosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat masih terus dilakukan sampai 20 Juli 2021. Mobil yang lama diparkir harus tetap diperhatikan.

Sebab, tak sedikit yang abai dengan kondisi mobil, karena jarang digunakan. Salah satu komponen yang jarang diperhatikan adalah wiper.

Baca juga: Hindari Kesalahan Pemula, Bersihkan Debu di Kaca Mobil dengan Wiper

Banyak yang menganggap remeh komponen ini. Padahal, wiper sangat berguna untuk membantu penglihatan saat berkendara di saat hujan.

Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.

Umumnya, pemilik mobil akan membiarkan kondisi wiper menempel kaca saat memarkir mobilnya. Jika kondisi tersebut berlangsung lama, komponen karet pada wiper dapat rusak. Apalagi, jika mobil diparkir di luar.

Muhammad Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, wiper kalau posisinya nempel di kaca terus biasanya akan getas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Waktu Tepat Mengganti Wiper Mobil

"Jika sudah getas, karet wiper bisa pecah-pecah. Ini dapat menyebabkan wiper tidak berfungsi baik untuk menyeka air pada kaca," kata Zuhdi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.

Jika kondisi karet sudah getas, sebaiknya segera diganti. Ciri-cirinya dapat terlihat dari kinerjanya yang sudah tidak mampu menyapu air dengan optimal.

Untuk merawatnya, tidak perlu dilap saat mencuci mobil. Cukup dibilas dan biarkan mengering sendiri dengan posisi wiper terangkat. Tapi, jangan lupa untuk mengembalikannya ke posisi semula jika sudah kering.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.