Salin Artikel

Berulang, Remaja Pria Terlindas Truk demi Konten Viral

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar lagi di media sosial video yang memperlihatkan sekumpulan remaja mengadang truk yang sedang melaju di jalan raya. Rekaman tersebut viral setelah diunggah oleh akun instagram @agoez_bandz4, Rabu (14/7/2021).

Tren berbahaya ini memang kerap dilakukan oleh sekumpulan remaja atau bahkan anak kecil di bawah umur demi mendapatkan rekaman video yang nantinya viral. Mereka akan dinilai berhasil jika truk yang mereka adang berhenti sebelum menabrak mereka.

Namun, tidak jarang yang berujung fatal, seperti yang terjadi dalam video tersebut. Jadi, ketika remaja itu hendak menghentikan laju truk tronton setelah tikungan, malah terlindas.

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengingatkan, jalan raya merupakan tempat mesin atau kendaraan yang bergerak dinamis dengan kecepatan, karakter, dan kemampuan yang berbeda-beda.

“Artinya, berada di jalan raya saja harus siap menerima risiko kecelakaan, apalagi bermain-main dengan truk. Kalau mampu selamat itu hanya sesaat, karena besok-besok bahaya tetap mengintai,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

“Enggak bisa juga melakukan pengereman dengan cara menghindar, karena keseimbangan truk tersebut langsung hilang dan itu pasti susah dikuasai hingga banyak berujung kecelakaan,” kata dia.

Selain itu, menurut Sony, tidak semua pengemudi mampu mengemudi dalam kondisi prima. Contohnya pada malam hari, di mana kondisi pengemudi mengalami penurunan kemampuan motorik dalam bereaksi.

“Kasihan pengemudinya, apabila ada korban, pasti dia tersangkut masalah hukum,” katanya.

Menurut Sony, dalam hal ini peran orangtua memang sangat dibutuhkan dalam memberikan edukasi bahwa hal tersebut sangat berbahaya untuk dilakukan.

“Sekarang kan masanya sekolah online, maka peran orangtua sangat besar. Tapi, sulitnya mereka (anak remaja) susah dikontrol dan mungkin juga ada yang homeless (kabur dari rumah),” ucap.

Kasus serupanya sebelumnya juga sudah pernah terjadi yang melihatkan sekumpulan anak remaja menghalau truk sedang melintas.

Peristiwa seperti ini sebenarnya juga sangat merugikan bagi sopir truk, lantaran itu Sony juga mengingkat agar sopir tak melakukan manuver menghindar yang memang belum dikuasiai.

Sonny menyarankan agar sopir tetap tenaga dan berpokir aman, kurangi kecepatan, serta bersiap berhenti jika sekelompok anak memang tak mau minggi dari jalan.

"Bagaimanapun nyawa mereka nomor satu. Bukan cari benar atau salah, sebab adanya korban yang di akibat kelalaian si pengemudi harus dipertanggung jawabkan di muka hukum,” ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/15/080200615/berulang-remaja-pria-terlindas-truk-demi-konten-viral

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.