PJU Dimatikan Selama PPKM Darurat Bagaimana Nasib Pengendara Malam

Kompas.com - 15/07/2021, 09:02 WIB
Berkendara malam di Tol Cipali StanlyBerkendara malam di Tol Cipali

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini beberapa pemerintah daerah memutuskan untuk secara sementara memadamkan penerangan jalan umum (PJU) dalam upaya mencegah adanya kerumunan selama PPKM Darurat.

Akibatnya, pada sekitar pukul 20.00 WIB berbagai wilayah menjadi gelap gulita. Tentu bagi para warga yang masih beraktivitas bersama kendaraannya, kondisi ini tidaklah nyaman.

Terlebih berkendara di malam hari memiliki risiko tersendiri mulai dari pandangan yang terbatas, tindak kriminal, dan lainnya, sebagaimana dikatakan Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani.

Baca juga: PPKM Darurat, Servis Rutin Motor Bisa Pakai Home Service dari AHASS

Ilustrasi berkendara saat hujanastramotor.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

"Jika berkendara dilakukan pada malam hari, situasi jalan yang gelap akan mengganggu pandangan pengendara. Selain itu pada saat malam itu merupakan waktu biologis tubuh manusia untuk beristirahat sehingga akan menyebabkan kantuk," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Sehingga dalam keadaan ini, pengendara harus melakukan beberapa cara supaya tetap aman, nyaman, dan optimal. Pertama, tentu terus konsentrasi dengan tidak memaksakan perjalanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, mengemudi pada malam hari saat gelap memang lebih terasa tidak melelahkan. Namun, kerja mata akan lebih berat dan cepat lelah karena melihat sinar lampu yang terang dari arah depan.

"Lalu persiapkan beberapa alat bantu yang bersifat emergency agar ketika terjadi masalah di tengah perjalanan bisa segera diatasi," ujar Agus.

Baca juga: BTS Jadi Strategi Kemenhub Tekan Penggunaan Kendaraan Pribadi

Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim HujanShutterstock Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan

"Lebih waspada juga, jangan lupa bunyikan klakson sebagai tanda bahwa Anda sedang berada di jalur terkait dan meminta atensi dari pengguna jalan lain. Karena, ada kemungkinan pengendara lain juga tengah mengantuk," tambah dia.

Adapun wilayah yang memadamkan PJU selama PPKM Darurat salah satunya ialah Semarang, Jawa Tengah, mulai dari Jalan Ngasrep Timur, Jalan Majapahit, Jalan Tentara Pelajar, sampai Jalan Moch Ikhsan.

Kemudian ada pula beberapa wilayah di Bali. Bahkan operasional Bus Sarbagita yang berkeliling melayani penumpang di seputaran Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan juga akan dilakukan pembatasan, dan maksimum jam operasinya dibatasi sampai pukul 20.00 WITA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.