Bagian Apa Saja yang Diperiksa Saat Servis Pertama Motor Baru?

Kompas.com - 30/06/2021, 15:21 WIB
AHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS. Dok. AHMAHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor baru sangat disarankan untuk dilakukan servis pertama di bengkel resmi. Umumnya, dilakukan saat motor mencapai 1.000 km atau satu bulan sejak diterima.

Banyak yang menganggap bahwa servis pertama pada motor baru hanya sekadar pergantian oli mesin. Padahal, pengecekan yang dilakukan lebih dari itu.

Baca juga: Pentingnya Servis Pertama Motor Baru ke Bengkel Resmi

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer Honda di Jawa Barat, mengatakan, salah satu manfaat servis pertama adalah memastikan garansi sepeda motor agar tetap berlaku.

Ilustrasi motor Honda servis di bengkel resmi AHASSDok. Wahana Ilustrasi motor Honda servis di bengkel resmi AHASS

"Satu tahun untuk sasis dan kelistrikan, tiga tahun untuk mesin, dan lima tahun untuk komponen PGM-FI," ujar Ade saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ade menambahkan, manfaat lainnya adalah mengetahui sejak dini apabila terdapat gejala abnormal pada motor, baik itu dari sisi sasis, kelistrikan, maupun mesin.

Baca juga: Ketahui 16 Komponen yang Diperiksa pada Servis Pertama

"Sehingga, dapat dilakukan antisipasi dan tindakan cepat agar sepeda motor tetap prima," kata Ade.

Jadi, selain melakukan pergantian mesin, mekanik di bengkel resmi juga akan melakukan pengecekan pada bagian sasis, kelistrikan, dan mesin tentunya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.