Pentingnya Servis Pertama Motor Baru ke Bengkel Resmi

Kompas.com - 29/06/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi motor Honda servis di bengkel resmi AHASS Dok. WahanaIlustrasi motor Honda servis di bengkel resmi AHASS

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan bahwa membeli sepeda motor baru tidak membutuhkan perawatan. Berbeda dengan membeli motor bekas yang terkadang membutuhkan perbaikan.

Padahal, anggapan tersebut salah total. Motor baru justru membutuhkan perawatan rutin agar performanya tetap terjaga. Salah satu perawatan yang perlu dilakukan adalah servis pertama.

Umumnya, tiap pabrikan menyarankan untuk pemilik motor melalukan servis ke bengkel resmi setelah menempuh jarak 1.000 km atau satu bulan setelah motor diterima. Tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Baca juga: 22 Komponen yang Diperiksa Saat Servis Motor di Bengkel Resmi

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer Honda di Jawa Barat, mengatakan, servis pertama sangat penting, karena ada beberapa manfaat.

Uji emisi sepeda motor di bengkel resmi Astra Motor Center JakartaRendra Kusumah Uji emisi sepeda motor di bengkel resmi Astra Motor Center Jakarta

"Pertama, untuk memastikan kondisi kendaraan sesuai standar. Kedua, memastikan sepeda motor bekerja dan berfungsi optimal setelah digunakan pelanggan dalam kurun waktu satu sampai dua bulan dari penyerahan," ujar Ade, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ade menambahkan, yang ketiga adalah memastikan sepeda motor baru milik pelanggan berada dalam kondisi prima. Hal ini dipastikan dengan pemeriksaan pada beberapa komponen, baik elektrik maupun komponen mekanis. Keempat, memastikan garansi sepeda motor agar tetap berlaku.

Baca juga: Segini Biaya Uji Emisi Sepeda Motor di Bengkel Resmi Honda

"Kelima, membersihkan atau memastikan komponen-komponen di dalam mesin bersih dari segala kotoran yang mungkin muncul akibat dari keausan pada komponen-komponen mesin, dari mulai dioperasikan sampai di 1.000 km. Makanya, pada service pertama, konsumen mendapatkan layanan penggantian oli gratis," kata Ade.

Terakhir, Ade mengatakan, untuk mengetahui sejak dini apabila terdapat gejala abnormal, baik itu dari sisi sasis, kelistrikan, dan mesin. Sehingga, dapat dilakukan antisipasi dan tindakan yang cepat agar kondisi motor tetap prima.

Jangan khawatir dengan stigma bahwa bengkel resmi itu mahal. Sebab, pada servis pertama ini konsumen sama sekali tidak dikenakan biaya alias gratis.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.